سبحان من لا ينام ولا يسهو

Posted on

7.Lafal tersebut merupakan bacaan dari sujud….
a. sahwi
b. tilawah
c. syukur
d. sajdah
8. Jumlah sujud yang dilakukan dalam sujud syukur sebanyak… kali.
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Jumlah sujud yang dilakukan dalam sujud sahwi sebanyak … kali.
a. 1
b. 2
C. 3
d. 4
10. Berikut adalah ketentuan sujud syukur kecuali….
a. dilakukan di luar salat
b. dilakukan seorang diri
C. harus menghadap kiblat
d. tidak harus bersih dari hadas dan najis​

سبحان من لا ينام ولا يسهو

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban dari setiap soal yang ada pada soal-soal di atas adalah

  1. Jawaban yang benar dari soal pada nomor yang ke 7 adalah lafadz yang ada pada soal yaitu lafadz سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو merupakan lafadz do'a yang dibacakan pada saat sujud sahwi ( pilihan jawaban yang benar adalah A, sedangkan pilihan jawaban yang lain salah karena tidak sesuai dengan lafdz do'anya). Di mana lafadz do'a سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو dibaca pada setiap sujud sahwi yang dilakukan
  2. Jawaban yang benar dari soal pada nomor yang ke 8 adalah jumlah sujud yang dilakukan pada saat sujud syukur adalah 1 kali. Sehingga pilihan jawaban yang benar adalah A. 1 kali sujud. Sedangkan pilihan jawaban yang lain salah karena tidak sesuai dengan jumlah sujudnya.
  3. Jawaban yang benar dari soal pada nomor yang ke 9 adalah jumlah sujud yang dilakukan pada saat sujud sahwi adalah 2 kali. Sehingga pilihan jawaban yang benar adalah B. 2 kali sujud. Sedangkan pilihan jawaban yang lain salah karena tidak sesuai dengan jumlah sujudnya.
  4. Jawaban yang benar dari soal pada nomor yang ke 10 adalah hal yang bukan termasuk dalam ketentuan sujud syukur adalah tidak harus bersih dari hadas dan najis​ ( pilihan jawaban D). Karena pada saat melakukan sujud syukur harus dalam keadaan suci atau bersih dari hadas dan najis​, sebagaimana sujud yang dilakukan pada saat shalat.

Pembahasan

Sujud sahwi dan juga sujud syukur merupakan bagian dari sujud yang hukum pengerjaannya adalah sunah untuk dilakukan. Perbedaan antara sujud sahwi dan sujud syukur adalah waktu pelaksanaan dan juga alasan pelaksanaannya. Di mana waktu pelaksanaan sujus sahwi adalah di dalam shalat sedangkan sujud syukur dilakukan di luar shalat.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang hal yang dilakukan pada saat membaca ayat sajadah, pada brainly.co.id/tugas/25873440
  2. Materi tentang cara melakukan sujud tilawah, pada brainly.co.id/tugas/23068331
  3. Materi tentang sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi, pada brainly.co.id/tugas/10309240  

=============

Detail jawaban

Kelas : VIII

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Macam-Macam Sujud

Kode soal : 8.14.6

#AyoBelajar