1. Menelaah Teks “Remaja dan Game Online”

Posted on

Pada tugas ini kamu diminta menelaah unsur kebahasaan yang digunakan di dalam teks “Remaja dan Game Online” pada Tugas 1 Kegiatan 1. Penelaahan unsur kebahasaannya berkaitan dengan penggunaan ungkapan (kata-kata) penyetujuan atau penolakan pendapat, penyimpulan data dari orang lain, majas penghalusan, dan kata bilangan. Kamu dapat mempelajari contoh penggunaan unsur kebahasaan yang diberikan sebagai pedoman.

1) Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan (1) Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. (2) …………………………………………………………… ……………………………….…………………………… (3) …………………………………………………………… ……………………………….…………………………… (4) …………………………………………………………… ……………………………….…………………………… (5) …………………………………………………………… ……………………………….……………………………

Bahasa Indonesia 109

2) Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis (1) Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. (2) ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… ……………………………………………………………….. (3) ……………………………………………………………… …………………………………………………………… ……………………………………………………………… (4) ………………………………………………………………. ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… (5) ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… ………………………………………………………………

3) Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain (1) Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. (2) ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… (3) ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… (4) ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… (5) ……………………………………………………………… ……………………………………………………………… ………………………………………………………………

tolong di jawab yaa. untuk kelas 9 di buku paket halaman 108-109 KURIKULUM 2013

1. Menelaah Teks “Remaja dan Game Online”

Jawaban Terkonfirmasi

Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyutujui pikiran penulis:
1. Saya setuju dengan pendapat bahwa game online memberikan dampak negatif untuk ana-anak jika tidak proporsional dalam bermainnya.
2. Game Online meberikan dampak positif, menurut saya ada benarnya karena bisa melatih konsentrasi dan strategi, namun perlu arahan dari orang tua. 

pendapat yang menggunakan sudut pandang lain:
1. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa UI pada 2009 yang mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensivitas emosional serta ekspresi sosial.

Ungkapan yang menolak atau tidak menyutui pikiran penulis:
1. pendapat yang disajikan mungkin benar, akan tetapi alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. kajian secara komprehensif yang dibutuhkan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademin perlu dilakukan.