Bagaimana gambaran hubungan persaudaraan antara Kerajaan Usmani Safawi dan mughal jelaskan analisis anda​

Posted on

Bagaimana gambaran hubungan persaudaraan antara Kerajaan Usmani Safawi dan mughal jelaskan analisis anda​

Jawaban:

Hubungan Safawi Dengan Turki

Hubungan Safawi Dengan TurkiUtsmani

Dahulu, sebelum Kerajaan Safawi berdiri, Kerajaan Turki Utsmani telah lahir dan telah mencapai puncak kejayaannya. Ketika Kerajaan Safawi terbentuk, Kedua kerajaan ini, Safawi maupun Utsmani saling berbentrok.

Hal ini dikarenakan kerajaan Safawi telah menyatakan bahwa mereka Syi'ah sebagai madzhab dari sebuah negara. Kemudian, Kerajaan Safawi ini berasal dari sebuah gerakan disebut dengan gerakan tarekat yang dilakukan di Ardabil.

Kemudian pecahlah sebuah perang antara Kerajaan Turki Utsmani dengan Kerjaan Safawi yang terjadi pada tahun 1541. Hal ini dikarenakan Raja Ismail dari Safawi bertemu dengan Sultan Salim I dari Turki Utsmani yang merupakan saingannya. Sultan Salim I ini dibenci oleh Raja Ismail karena kebencian Salim dan pengarah terhadap seluruh umat muslim di Syi'ah yang berada pada daaerah kekuasaannya. Tak lama, Sultan Salim kemudian memaksa unutk membunuh sebanyak 40,000 orang yang dihukum setelah tidak memenuhi ajaran-ajaran sunni. Selain itu,terjadi pulapersengketaan wilayah yang terjadi antara dua kerajaan. Terlebih hal itu semakin memanas ketika Bey, yaitu kepala tradisional suku kecil, yang berasal dari Bitlis menyatakan dirinya untuk mundur dan berada dalam perlindungan dari Persia. Selain itu ada hal lain yang menjadi pelatuk seperti salah seorang simpatisan Suleiman dibunuh. Selain itu dari sisi diplomatiknya, Persia dahulu sempat berdiskusi dengan Habsburgs yang kemudian terciptanya aliansi Habsburg-Persia yang tak lama kemudian menyerang kerajaan Turki Utsmaniyah dari keuda sisi kerajaan.

Hal tersebut kemudian membuat hal politik yang terjadi antara kedua kerajaan memburuk dan membawa kerjaan Safawi menjadi salah satu kerajaan yang lemah. Dan menjadikan raja Safawi kelima, yaitu Abbas I, ketika naik tahta ingin menyelesaikan pertikaian politik yang terjadi antara kerajaan yang sedang bertikai dengan Safawi. Kemudian, Abbas I melakukan perdamaian dengan kerajan Turki Utsmani karena apabila peperangan dan ketegangan politik terus berlangsung hingga waktu yang tidak ditentukan akan membahayakan untuk Kerajaan Safawi.

Kesimpulan: Ketegangan kerajaan terjadi akibat perbedaan pendapat yang terjadi antara kerajaan Safawi dan Kerajaan Utsmani. Kemudian terjadilah perang yang berkelanjutan dan ketika Kerajaan Safawi dipimpin oleh Raja Abbas I. Kerajaan Safawi mengakhiri pertikaian yang terjadi dengan Kerajaan Utsmani yang telah lama berlangsung.

jangan lupa jadikan jawaban ini jadi yg terbaik ya ^^