Salah satu contoh produk pemanfaatan kekayaan potensi seni budaya daerah dalam ekonomi kreatif adalah

Posted on

a. Kerajinan tangan dari berbagai daerah di Indonesia

b. System perekonomian yang modern

c. Penerbitan dan pencetakan buku

d. Film yang menggunakan teknologi terkini​

Salah satu contoh produk pemanfaatan kekayaan potensi seni budaya daerah dalam ekonomi kreatif adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam ekonomi kreatif, salah satu bentuk dari produk yang merupakan pemanfaatan kekayaan seni budaya daerah adalah (A) kerajinan tangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Pembahasan

Pilihan (A) benar karena kerajinan tangan adalah salah satu bentuk dari kesenian daerah. Selain itu, kerajinan daerah seringkali dibuat dengan menggunakan motif dan corak yang melambangkan suatu kebudayaan tertentu. Kerajinan daerah juga menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif unggulan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sudah sangat banyak produk kerajinan Indonesia yang sudah berhasil menembus pasar internasional. Kerajinan daerah juga menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang bisa melestarikan budaya daerah yang ada di Indonesia.

Pilihan (B), (C), dan (D) salah karena:

  • Pilihan (B): sistem perekonomian yang modern bukan menjadi produk yang dibuat dengan memanfaatkan potensi seni budaya yang ada di suatu daerah. Namun, sistem perekonomian yang modern ini bisa menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi kreatif di suatu negara. Dengan sistem perekonomian yang modern, para pelaku ekonomi kreatif bisa menggunakan teknologi canggih yang diperlukan untuk menciptakan produk dan juga memperkuat kegiatan pemasarannya.
  • Pilihan (C): penerbitan dan pencetakan buku bukan menjadi produk yang dibuat dengan memanfaatkan potensi seni budaya yang ada di suatu daerah. Namun, penerbitan dan pencetakan buku juga termasuk dalam salah satu dari subsektor ekonomi kreatif. Penerbitan dan pencetakan buku adalah subsektor ekonomi kreatif yang mendukung para sastrawan dan juga para penulis. Selain itu, penerbitan dan pencetakan buku ini juga kini bisa menghasilkan produk dalam bentuk digital atau e-book.
  • Pilihan (D): pembuatan film dengan menggunakan teknologi bukan menjadi produk yang dibuat dengan memanfaatkan potensi seni budaya yang ada di suatu daerah. Namun, pembuatan film juga termasuk dalam salah satu subsektor ekonomi kreatif yang juga sedang mengalami perkembangan pesat di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang ruang lingkup industri kreatif

brainly.co.id/tugas/26501977

Materi tentang upaya pengembangan ekonomi kreatif

brainly.co.id/tugas/18785317

Materi tentang manfaat ekonomi kreatif

brainly.co.id/tugas/20963859

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: 5 – Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Kode: 7.10.5

#AyoBelajar