1.Menurut Anda apakah yang dimaksud dengan teks deskripsi? Jelaskan!

Posted on

2.Tuliskan ciri – ciri teks deskripsi !
3.Buatlah paragraf deskripsi mengenai lingkungan tempat tinggal Anda! Paling kurang 4 paragraf.
4.Jelaskan jenis – jenis teks deskripsi!
5.Tuliskan 5 manfaat teks deskripsi bagi Anda!​

1.Menurut Anda apakah yang dimaksud dengan teks deskripsi? Jelaskan!

Jawaban:

1. Deskripsi adalah satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

2. Ciri-ciri teks deskripsi adalah

Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu.

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis

Isi teks deskripsi memerinci atau mengonkretkan objek

3. Lingkungan Rumahku yang Ramah Anak

      Keluargaku tinggal di pinggiran kota yang jauh dari kebisingan jalan raya. Di sekitar tempat tinggalku masih banyak terdapat lahan kosong dan beberapa petak sawah. Lahan kosong digunakan untuk lapangan sepakbola dan taman. Karena masih beberapa sawah, air selalu mengalir di selokan.

      Di lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja. Rumah-rumah yang ada sudah tua tetapi masih terawat dengan baik. Sebagian penghuninya adalah para pensiunan dan petani yang hidup sendiri tanpa anak-anaknya. Keluargaku menempati rumah peninggalan kakek, sehingga kami pun merawat rumah tua kakek yang masih kokoh berdiri.

      Setiap sore banyak anak-anak dari kampung lain yang bermain layangan di lapangan sepakbola. Aku juga ikut bermain sambil menikmati angin sore yang membawa terbang layanganku. Aku berteman dan bermain bersama mereka meski berbeda kampung. Lapangan sepakbola ini hanyalah satu-satunya tempat bermain kami karena lahan lainnya telah dipenuhi rumah.

4. Teks deskripsi dapat dikembangkan menjadi 3 jenis teks, yakni teks deskripsi spatial, subjektif dan objektif. 

5. manfaatnya adalah untuk menjelaskan isi teks tersebut kepada pembaca secara terperinci agar pembaca serasa mendengar,merasakan,dan melihat seperti yang di alami oleh pembaca.

maaf kalau salah, btw cuma mau saran aja nih, kalo soalnya panjang kayak gini jangan pelit kasi point emang ga kasian sama yang jawab udah panjang panjang tapi point cuma 5, jangan pelit ya kak makasii