Artikel cinta lingkungan hidup

Posted on

Artikel cinta lingkungan hidup

Jawaban Terkonfirmasi

Kelas: SMP
Pelajaran: Bhs Indonesia
Kategori: menulis artikel
Kata kunci: artikel, lingkungan hidup
Pembahasan:

       Isu lingkungan mungkin menjadi salah satu isu paling krusial saat ini, dimana kondisi bumi sudah mulai berubah dan mengakibatkan sejumlah anomali cuaca dan kerusakan lingkungan. Satu-satunya cara untuk mengurangi dampak yang lebih buruk atau memperlambat kerusakan bumi tentunya dengan lebih mencintai alam dan lingkungan kita. Mungkin hal itu mudah diucapkan, namun mudahkah melakukannya? Tak banyak dari kita yang benar-benar bisa melakukannya.
       Sikap cinta lingkungan hidup memerlukan sebuah pengorbanan yang, walaupun sebenarnya terlihat mudah, tetapi nyatanya sulit bagi kebanyakan orang. Beberapa contohnya seperti langkah penghijauan. Sesuatu yang cukup mudah dengan memulai menanam pekarangan rumah. Namun, bagi generasi muda umumnya, berkebun dan bercocok tanam bukan merupakan sesuatu yang menarik untuk dilakukan, kecuali bila berhubungan dengan bisnis dan menguntungkan. Contoh lainnya, untuk mengurangi polusi udara dibumi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggantinya dengan berjalan atau bersepeda. Namun pada kenyataannya, masih banyak dari kita yang lebih memilih berkendara motor untuk jarak yang bisa dibilang dekat. Bahkan dalam hubungannya dalam kebiasaan berjalan kaki, bangsa kita adalah termasuk yang terendah dalam kebiasaan sehat tersebut berdasarkan sebuah survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga internasional. Dalam kata lain, umumnya kita malas berjalan kaki.
         Jadi, apakah yang sebenarnya bisa dilakukan sebagai wujud sikap cinta lingkungan hidup? Dua contoh diatas bisa dilakukan sebagai sebuah langkah awal bagi keberlangsungan bumi.Tinggal bagaimana dan berapa lama pada akhirnya mereka terus mampu berkomitmen untuk konsisten melakukannya sekaligus menginspirasi sekaligus mendorong orang-orang disekitarnya untuk melakukan hal yang sama.