1. Candi pendamping yang sangat memikat adalah candi garuda?

Posted on

2. Bagaimana kisah sosok manusia setengah burung yang bernama garuda

3. Relief apa saja yang terdapat pada dinding candi prambanan?

4. Apa nama simbol pohon kalpataru

kk kk tolong bantu aq jawab ya, makasih ya kk kalau udah yang jawab​

1. Candi pendamping yang sangat memikat adalah candi garuda?

Jawaban:

1. Candi pendamping yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang.

2. Garuda adalah seekor burung mitologis, setengah manusia setengah burung, wahana Wisnu. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kaśyapa dan Winatā, salah seorang putri Dakṣa. Ia musuh bebuyutan para ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, yaitu Kadru, ibu para ular.

Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda sering kali dilukiskan memiliki kepala, sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.

Ia memiliki putera bernama Sempati (Sampāti) dan istrinya adalah Unnati atau Wināyakā. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.

Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.

3. Candi Prambanan dihiasi relief yang menceritakan epos Hindu; Ramayana dan Krishnayana. Relief berkisah ini diukirkan pada dinding sebelah dalam pagar langkan sepanjang lorong galeri yang mengelilingi tiga candi utama. Relief ini dibaca dari kanan ke kiri dengan gerakan searah jarum jam mengitari candi.

4. Tidak heran di beberapa daerah kabupaten dan kota, gambar pohon beringin menjadi hiasan utama logo daerah tersebut.

Kalpataru berasal dari bahasa Sansekerta dari dua kata yaitu kalpa yang berarti keinginan, pengharapan dan taru berarti pohon. Jadi kalpataru adalah pohon pengharapan. Kita dapat menemunkan relief-relief pohon Kalpataru di dinding candi-candi seperti Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendu, dan candi lainnya.

Penjelasan: