Apakah identitas negara termasuk salah satu isi dari konstitusi negara?

Posted on

Apakah identitas negara termasuk salah satu isi dari konstitusi negara?

Beda. karena Penjelasan tentang konstitusi, kata konstitusi berasal dari bahasa perancis artinya pembentukan. Dalam aturan ketatanegaraan, konstitusi dimaksudkan dengan pembentukan suatu negara atau membangun, menyatakan sebuah negara. Konstitusi juga berarti peraturan dasar mengenai pembentukan suatu negara.

sedangkan identitas negara

Kata identias berasal dari bahasa inggris, identity artinya jati diri, tanda atau ciri-ciri yang melekat pada seseorang yang membedakan dengan yang lain. Menurut teori antropologi, identitas merupakan ciri khas yang mencerminkan dan sesuai dengan kesadaran pribadi diri sendiri, golongan sendiri, kelompok sendiri atau negara yang dibangun sendiri. Sedangkan kata nasional artinya identitas yang melekat pada kelompok yang lebih besar yang diikat kesamaan seperti budaya, bahasa , keagamaan dan lain-lain.

Unsur-unsur pembentukan dalam identitas nasional sebagai berikut.

Identitas nasional indonesia mengatur pada suatu bangsa majemuk yang merupakan gabungan dari unsur-unsur pembentukan identitasnya yaitu suku bangsa, bahasa, agama, kebudayaan dan lain-lain.

Berikut unsur-unsur indentitas nasional :

1. Suku bangsa adalah golongan sosial yang khusus bersifat askriptif (ada sejak lahir) yang sama dengan golongan umur dan jenis kelamin seseorang. Diindonesia terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan berbagai macam dialeg bahasa.

2. Keagamaan, indonesia dikenal dengan masyarakat beragama, agama yang ada dan berkembang berbagai macam agama.

3.kebudayaan adalah pengetahuan manusia sebagai makluk sosial yang isinya perangkat atau ilmu pengetahuan, yang secara umum digunakan oleh pendukungnya untuk memahai lingkungan, dan digunakan sebagai rujukan atau pedoman untuk bertindak.

4. Bahasa, dipahami dengan sistem terlambang yang dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan masyarakat, dan digunakan sebagai bahasa berinteraksi antar manusia.