Berikan contoh kasusa.ajudikasib.mediasic.koalisid.joint venture

Posted on

Berikan contoh kasusa.ajudikasib.mediasic.koalisid.joint venture

Interaksi sosial yang asosiatif, yaitu interaksi yang mengarah kepada bentuk–bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan) seperti : 

1.Koalisi

Yaitu kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan-tujuan sama. Contoh : koalisi bebrapa partai di lembaga legislatif untuk mencalonkan bupati atau prersiden. 

2.Joint-Venture

Yaitu kerja sama antara beberapa organisasi dalam mengusahakan proyek-proyek tertentu. Contoh joint-venture antara Indonesia dan Amerika dalam pengeboran minyak di Cepu.

3.Mediasi 

Mediasi adalah bentuk akomodasi yang hampir sama dengan arbitasi. Bedanya pada mediasi pihak ke 3 hanya bertugas menyelesaikan prselisihan secara damai dan tidak mempunyai wewenang untuk memberi keptusan-keputusan penyelesaian perselisihan tersebut. Jadi pihak ke 3 berfungsi sebagai juru damai dan penasihat saja. Contoh: pemerintah Indonesia yang diwakili menteri Luar Negeri Ali Atlas menjadi mediator dalam penyelesaian pertikaian di Kamboja. 

4.Ajudikasi 

Ajudikasi adalah penyelesaian masalah melalui jalur hukum di pengadilan. Contoh: perselisihan antar warga desa yang penyelesaiannya melalui jalur hukum di pengadilan.

Maaf kalau salah,Dan semoga bermanfaat:")