He is still waiting…….for job interview

Posted on

a. is called
b. called
c. to be called
d. to be calling

He is still waiting…….for job interview

Jawaban Terkonfirmasi

Verb Form & Usage

Penggunaan kata kerja dalam bahasa Inggris secara umum dikelompokkan berdasarkan 2 jenis struktur kata kerja yaitu transitive (diikuti oleh objek kegiatan) dan intransitive (tidak diikuti objek).

Selain aturan tersebut, kata-kata kerja tertentu juga bisa diikuti oleh kata depan (preposition) tertentu dan juga mengikuti beberapa aturan lainnya tergantung situasi kalimat.

Pembahasan

Kata kerja "wait" yang artinya "menunggu" bisa dipakai mengikuti beberapa pola:

  • sebagai transitive verb, kata kerja wait bisa bermakna "menunggui"  ataupun bermakna "melayani" yang langsung diikuti object. Contoh: I've been waiting my turn for half an hour. He is waiting table six.
  • sebagai intransitive verb, bisa bermakna "menunggu" dan ditulis tanpa diikuti objek. Contoh: Don't worry about the task. It can wait. We have a more important thing to do. — He is waiting for his diagnosis.

Sesuai kalimat pada contoh, kata "wait" digunakan secara intransitive karena tidak diikuti objek, melainkan diikuti oleh kata kerja yang menunjukkan "tujuan" sang subjek menunggu, maka kata kerja tersebut harus ditulis dalam bentuk to infinitive.

Jawaban yang benar adalah c. to be called, dan kalimat itu akan bermakna "Dia masih sedang menunggu untuk dipanggil ke wawancara lamaran pekerjaan."

Pelajari lebih lanjut:

————————————————————

Detil Tambahan

Kelas: SMP

Mapel: Bahasa Inggris

Kategori: Verb Form – To Infinitive

Kata Kunci: Verb Form, To Infinitive, Transitive, Intransitive