Peredaran getah bening merupakan peredaran terbuka karena geltah bening tidak selalu berada di dalam pembuluh aliran getah bening di sebabkan

Posted on

Peredaran getah bening merupakan peredaran terbuka karena geltah bening tidak selalu berada di dalam pembuluh aliran getah bening di sebabkan

Jawaban Terkonfirmasi

Aliran getah bening di sebabkan oleh gerak tubuh. Pembuluh getah bening atau pembukuh limfe mengangkut lemak dan leukosit. Pada aliran peredaran darah disebabkan oleh denyut jantung.  Fungsi pembuluh getah bening yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu semakin bayak tubuh bergerak semakin kuat kekebalan tubuhnya.

Pembahasan

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostatis).

Sistem peredaran darah yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.

  • Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan.
  • Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.

Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi (ginjal dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.

Darah tidak mungkin dapat mengalir dengan sendirinya ke seluruh tubuh. Dibutuhkan mesin pemompa agar darah dapat mengalir di dalam tubuh, organ tersebut adalah jantung. Darah yang terdapat di dalam tubuh akan tetap terus berada di dalam pembuluh-pembuluh darah, yaitu pada pembuluh besar dan pembuluh kecil.

Berikut ini beberapa komponen organ pada sistem peredaran darah:

A. Jantung

Jantung terdapat di rongga dada, dilapisi oleh membran pelindung yang disebut perikardium. Jantung mamalia dan manusia memiliki empat ruangan, yakni ventrikel kiri dan kanan dan atrium kiri dan kanan. Jika dibandingkan dengan dinding ventrikel, dinding atrium bentuknya lebih tipis, dikarenakan ventrikel pada jantung harus bekerja lebih kuat agar dapat memompa darah ke seluruh organ tubuh kita.

B. Pembuluh darah

Pembuluh darah merupakan jalur bagi darah yang mengalir berasal dari jantung menuju ke jaringan tubuh, dan sebaliknya. Pembuluh darah sanggup dibagi jadi tiga macam, yaitu pembuluh kapiler, pembuluh vena dan pembuluh nadi.

1. Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler adalah pembuluh darah kecil yang menghubungkan pembuluh darah besar ke organ.

2. Pembuluh Vena

Pembuluh vena (pembuluh balik) merupakan pembuluh darah yang mempunyai darah ke arah jantung.

3. Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi (pembuluh arteri) merupakan pembuluh darah yang mempunyai darah berasal dari jantung menuju kapiler.

C. Darah

Darah terhadap manusia terdiri dari plasma darah dan anggota sisanya berbentuk anggota yang padat, yaitu butir-butir darah atau sel-sel darah.  

1. Plasma Darah

Plasma darah, terdiri atas air (sekitar 90%), zat-zat yang terlarut, yaitu protein darah, sari-sari makanan (asam amino dan glukosa), hormon, antibodi, enzim dan zat sisa metabolisme, serta gas-gas (nitrogen, karbon dioksida dan oksigen).

2. Sel-sel Darah

Sel-sel darah, terdiri dari sel darah putih (Leukosit), sel darah merah (Eritrosit), dan keping darah (Trombosit).

1. Sel darah merah (Eritrosit) adalah anggota terbesar dari sel darah yaitu sekitar 99 %. Eritrosit berbentuk bikonkaf, yaitu bulat, pipih, tengahnya cekung, sering berada terhadap kondisi bertumpukan. Fungsi eritrosit adalah mengikat oksigen.

2. Keping darah (Trombosit) berbentuk kecil, tidak teratur, berkelompok membentuk kepingan-kepingan di didalam darah dan tidak berinti. Fungsi trombosit adalah mempercepat pembekuan darah atau menutup luka.

3. Sel darah putih (Leukosit) miliki ukuran lebih besar dibanding Eritrosit, tidak berpigmen, dan miliki inti yang bentuknya bervariasi. Fungsi leukosit adalah melindungi tubuh dari kuman, bakteri dan jamur yang merugikan.

D. Sistem Limfatik

Sistem limfatik adalah sekumpulan jaringan dan organ yang membantu membersihkan tubuh dari racun, limbah dan apapun yang berbahaya terhadap tubuh termasuk mikroorganisme jahat. Fungsi utama dari sistem limfatik adalah untuk mengangkut getah bening, cairan yang mengandung sel-sel darah putih untuk melawan infeksi.  Aliiran getah bening disebabkan oleh aktivitas atau gerak tubuh. Maka semakin banyak gerak tubuh akan meningkatkan produksi dan aliran getah bening sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Pelajari lebih lanjut

1. sistem peredaran darah: brainly.co.id/tugas/18472688

2. golongan darah: brainly.co.id/tugas/13995296

3. peredaran darah: brainly.co.id/tugas/13501577

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Bab 5 – Sistem Peredaran Darah

Kode: 11.4.5

Kata kunci: sistem peredaran darah, organ-organ sistem peredaran darah, jantung, darah, pembuluh darah, limfatik