Rata rata hitung sangat dipengaruhi oleh

Posted on

Rata rata hitung sangat dipengaruhi oleh

Jawaban Terkonfirmasi

Rata-rata hitung sangat dipengaruhi oleh nilai ekstrem.

Pembahasan

Halo teman-teman! Masih semangat untuk belajar kan! Kali ini kita akan membahas materi ukuran pemusatan data yaitu mengenai Mean – Median – Modus, tetapi kali ini fokus ke Mean atau rata-rata. Salah satu hal yang paling penting dalam menggambarkan distribusi dari suatu data adalah melalui nilai pusat data pengamatan (Central Tendency). Untuk setiap pengukuran aritmatika yang ditujukan untuk menggambarkan suatu nilai yang mewakili nilai pusat atau nilai sentral dari suatu gugus data (himpunan pengamatan) dikenal sebagai ukuran pemusatan data atau tendensi sentral. Terdapat tiga ukuran pemusatan data yang sering digunakan, yaitu: Mean atau rata-rata hitung / rata-rata aritmatika, Median, dan Modus. Kemudian rata-rata hitung atau rata-rata aritmatika atau sering disebut dengan istilah Mean saja dihitung dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data.

Ukuran nilai pusat / tendensi sentral (average) merupakan nilai perwakil dari suatu distribusi data, sehingga harus memiliki sifat-sifat berikut:

  1. Harus mempertimbangkan semua gugus data
  2. Tidak boleh terpengaruh oleh nilai-nilai ekstrim.
  3. Harus stabil dari sampel ke sampel.
  4. Harus mampu digunakan untuk analisis statistik lebih lanjut.

Dari beberapa ukuran nilai pusat, Mean hampir memenuhi semua persyaratan tersebut, kecuali syarat pada point kedua. Sedangkan jelas bahwa rata-rata dipengaruhi oleh nilai ekstrem. Sebagai contoh, jika ada data adalah 2; 4; 5; 6; 6; 6; 7; 7; 8; 9 maka mean, median dan modus semua bernilai sama, yaitu 6. Jika nilai terakhir adalah 90 bukan 9, maka rata-rata akan menjadi 14.10, Dan jelas bahwa karena adanya nilai 90 yang merupakan nilai ekstrem karena sangat jauh dengan nilai yang lain pada data tersebut, Meannya ikut berubah. Sedangkan median dan modus tidak berubah. Meskipun dalam hal ini median dan modus lebih baik, namun tidak memenuhi persyaratan lainnya. Oleh karena itu Mean merupakan ukuran nilai pusat yang terbaik dan sering digunakan dalam analisis statistik.  

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Contoh soal rata-rata tinggi badan : brainly.co.id/tugas/13808594
  2. Contoh soal rat-rata data : brainly.co.id/tugas/15094050  
  3. Contoh soal rata-rata nilai ujian dengan grafik batang : brainly.co.id/tugas/10208275

Detil Jawaban


Kelas : 7 SMP

Mapel : Matematika

Bab : 9 – Statistika

Kode : 7.2.2009

Kata Kunci : Rata-rata hitung, rata-rata aritmatika, Mean, Median, Modus, nilai ekstrem, tendensi sentral, central tendency, ukuran pemusatan data.

Gambar Jawaban