Siapa yg tau struktur fiksi sains dan fiksi fabel apa saja..??

Posted on

Siapa yg tau struktur fiksi sains dan fiksi fabel apa saja..??

Jawaban Terkonfirmasi

1. fabel fantasi panjang ceritanya sangat pendek. sedangkan fabel fiksi ilmiah bisa pendek dan juga bisa panjang.
2. fabel fantasi temanya sederhana (yaitu bertema : kejahatan selalu kalah melawan kebaikan). sedangkan fabel fiksi ilmiah temanya lebih rumit (bisa bertema teknologi atau modern)
3. isi dari fabel fantasi sangat kental dengan petuah atau moral. sedangkan fabel fiksi ilmiah kadang berbentuk epik atau saga. yaitu tentang kepahlawanan.

4.  4. pada fabel fantasi, sifat hewani masih melekat. meskipun kadang kadang ada yang melakukan hal yang dilakukan manusia (misalnya : bicara, dll). sedangkan fabel fiksi ilmiah memiliki karakter yang unik dari masing masing tokoh. meskipun dalam cerita masih berperan sebagai binatang (misalnya : bekerja, dll)5.    5.latar tempat yang dipakai masih alami (habitatnya masih alami. seperti hutan, taman, kebun, dll). sedangkan fabel fiksi ilmiah menggunakan latar tempat yang unik dan modern. seperti kantor, mall, pasar, dll.
   6. pada fabel fantasi penggunaan bahasanya menggunakan bahasa POPULER. yaitu bahasa yang sudah beredar di kalangan umum. sedangkan pada fabel fiksi ilmiah penggunaan bahasanya menggunakan bahasa KAJIAN. yaitu penggunaan bahasa sesuai istilah istilah tertentu (seperti penggunaan istilah teknologi modern yang banyak dipakai pada teks fabel fiksi ilmiah).
   7. menurut pengertiannya, fabel fantasi adalah cerita khayalan yang murni dari pemikiran seseorang. sedangkan fabel fiksi ilmiah adalah cerita khayalan yang dibuat dengan memperhatikan hipotesis dan melalui penelitian.
   8. pada fabel fantasi menggunakan alur yang tertutup ( penyelesaian masalah sudah disediakan oleh pengarang). sedangkan fabel fiksi ilmiah menggunakan alur terbuka ( pembaca dapat menciptakan penyelesaian masalah dengan kekreatifannya).
   9. fabel fantasi biasa disebut "FABEL LAMA" atau "FABEL (saja)". sedangkan fabel fiksi ilmiah biasa disebut dengan sebutan "FABEL BARU"
   10. Pada fabel fantasi pengilustrasian hewan hanya pada sifatnya (misalnya : ular yang serakah, kupu kupu yang malas, dll). sedangkan fabel fiksi ilmiah hewan diilustrasikan semirip miripnya dengan manusia (misalnya : tikus punya rumah, katak naik mobil, dll)
   11. pada fabel fantasi kebanyakan nama pengarang tidak dicantumkan. sedangkan pada fabel fiksi ilmiah nama pengarang tidak diikut sertakan.

Jawaban Terkonfirmasi

Struktur teks fabel fiksi ilmiah dan fabel pada hakekatnya sama. Yakni orientasi,komplikasi,resolusi,koda. Perbedaannya ada pada bagian isinya. Jika fabel fiksi ilmiah di dalamnya memuat unsur sains dan teknologi.