Sebut dan jelaskan macam-macam seni rupa menurut sifatnya​

Posted on

Sebut dan jelaskan macam-macam seni rupa menurut sifatnya​

Jawaban:

  • Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah sebuah karya seni yang memiliki dimensi panjang dan lebar saja. Atau juga bisa dikatakan sebuah karya seni yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah seni grafis, seni lukis, seni relief, dan lain-lain.

  • Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalah sebuah karya seni yang memiliki dimensi lebar, panjang dan tinggi. Atau sebuah karya seni yang memiliki bentuk menyerupai bangun ruang yang memilki volume. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah seni kriya, seni arsitektur, seni patung, seni keramik dan lain sebagainnya.

  • Seni Rupa Murni

Seni rupa murni ialah salah satu cabang seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya. Tetapi hasil karya yang dihasilkan dari seni rupa murni lebih mengutamakan keindahan dan nilai seni. Biasanya hasil karya seni rupa murni hanya dijadikan sebagai pajangan atau hiasan suatu tempat.

  • Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah sebuah karya seni yang dapat digunakan dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Selain memiliki nilai seni, hasil karya seni rupa terapan juga memiliki nilai fungsi tertentu. Hal tersebut mengakibatkan, pembuatan karya seni ini lebih sulit dari seni murni.

  • Seni Rupa Tradisional

Seni rupa tradisional adalah sebuah karya seni yang telah ada sejak jaman nenek moyang kita yang dijaga kemurniannya dan secara turun-temurun. Salah satu karya seni tradisional yang ada di Negara Indonesia adalah Ukiran Toraja, Batik Tulis Keraton, Patung Asmat dan masih banyak lagi.

  • Seni Rupa Modern

Seni rupa modern adalah sebuah seni yang gaya pendekatannya tidak lagi mementingkan subjek dalam suatu masalah . Salah satu penemuan karya seni modern adalah seni fotografi, seni film. Dalam karya seni ini para seniman mencoba mengembangkan metode seni rupa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  • Seni Rupa Kontenporer

Seni rupa kontenporer merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh sebagian orang untuk menyebut seni rupa masa kini. Dilihat dari namanya saja kita langsung bisa mengetahui arti dari karya seni ini. Karena kata kontenporer juga bisa diartikan sebagai kondisi saat ini atau kekinian.

Jawaban:

patung,batik, anyaman