Apa dampak positif dan negatif mencontek​

Posted on

Apa dampak positif dan negatif mencontek​

Jawaban:

Positif

– Cepat selesai

Negatif

– Menimbulkan rasa tidak tahu

– Selalu mengandalkan orang lain

Penjelasan:

maaf kalo salah heheheh

Jawaban:

Dampak positif: Tidak Ada

Dampak negatif :

– Dosa karena tidak jujur

– Malas

– Melemahkan fungsi otak karena tidak dibiasakan mengasahnya dengan belajar sebelum ujian

– Menyebabkan si perilaku terbiasa berbuat pelanggaran bahkan bisa menjadi kriminal di kemudian hari

– Kebiasaan tidak mandiri dalam melaksanakan tugas

– Akan menyebabkan di pelaku mengulangi lagi di kemudian hari

– Merugikan orang lain yang bertindak jujur

– Bagi si pemberi contekan, ia telah menyumbangkan bibit kegagalan di masa depan bagi si penyontek

Penjelasan:

Tambahan dari saya sekadar motivasi untuk pembaca

Mencontek adalah suatu tradisi turun temurun di kalangan pelajar menjelang ujian atau ketika penilaian harian. Meski tidak ada pengajaran mengenai cara mencontek yang baik dan benar, namun para siswa semakin terlatih berdasarkan pengalaman. Hal yang mendasari perilaku ini tentu saja karena diiming-imingi oleh pikiran sendiri akan nilai yang tinggi.

Karena yang mereka targetkan dalam bersekolah adalah nilai, nilai, dan nilai. Bukan untuk menyalahkan orang tua. Tapi memang bagi sebagian orang tua ketika menerima rapor mengajukan satu pertanyaan yang sama, " Bagaimana nilainya? ", seakan angka nilai jadi penentu keberhasilan seorang anak.

Hal ini membuat banyak siswa terdorong untuk mencontek demi nilai, siswa lain yang awalnya tidak mencontek, jadi ikut-ikutan karena melihat hasil penilaian teman yang mencontek lebih bagus dari dia.

Mereka tidak menyadari bahwa nilai yang mereka dapatkan itu adalah hal kecil yang berdampak besar di kemudian hari. Kita pasti tau pepatah " Apa yang kita tanam itu yang kita tuai " Jika kita mencurangi nasib saat ini, maka nasib kita akan mencurangi kita suatu hari nanti. Artinya, kita akan mendapat karma buruk di kemudian hari, meski dalam bentuk lain.

Setiap agama mengajarkan kejujuran, kenapa kita yang mengaku beragama tp tidak mengamalkannya. Atau kamu yang berilmu menyia-nyiakan masa pendidikan yang telah kamu lalui sejauh ini karena ketidakjujuran?

Nilai yang kamu dapatkan dengan curang hanya berlaku sementara, angka bisa merubah sikap, dan jika berlaku jujur tentu sikap bisa merubah angka.

MAKA JANGAN MENCONTEK YA, UNTUK KAMU CALON ORANG SUKSES!