Apa makna identitas nasional?

Posted on

Apa makna identitas nasional?

Jawaban Terkonfirmasi

Makna dari Identitas nasional adalah hal berupa konsep yang dimana identitas nasional menjadi hal penanda bahwa adanya jati diri bangsa nasional yang berbeda dengan yang lainnya. kata "Identitas" yang diartikan sebagai penanda adanya ciri-ciri khas dari suatu individu yang berbeda dengan yang lainnya. Yang berarti Identitas dapat dijadikan sebagai sebuah simbol untuk seseorang (individu) agar terlihat perbedaan dengan orang lain. Sedangkan, kata "Nasional" yang diartikan sebagai hal melekat tidak pada individu saja. Bisa saja dianggap secara nasional ataupun berkelompok dan didasarkan pada beragam hal yang bisa kita lihat baik dari segi ras, suku, agama, bahasa dan lainnya. Dari penjelasan ini, kita bisa memahami bahwa Identitas Nasional berarti jati diri dari suatu bangsa dan itu mencakup secara Nasional tidak untuk individu saja.

Pembahasan

Mengetahui makna dari identitas nasional, kita juga akan mempelajari tentang fungsi dari Identitas Nasional itu sendiri yang diantaranya adalah:

1. Sebagai identitas untuk membedakan suatu bangsa dengan bangsa lainnya. Seperti makna sebelumnya, kita ketahui bahwa identitas nasional menjadikan ciri khas dari suatu bangsa untuk tampil berbeda dengan bangsa lainnya baik dari segi ras, bahasa, adat ataupun lainnya.

2. Sebagai landasan dari negara itu sendiri. Memiliki identitas nasional dapat memberikan panduan untuk bangsa supaya bisa mencapai hal yang ingin dicapai lewat dengan mengembangkan kemampuan dari bangsa agar terlihat berbeda dengan bangsa lainnya.

3. Sebagai alat untuk mempersatukan bangsa. Mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam ras, agama, bahasa maupun kebudayaan yang berbeda. Dengan identitas Nasional, dapat diharapkan menjadi sebuah alat yang berguna untuk mempersatukan bangsa. Hal ini dapat kita lihat pada semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mengatakan bahwa “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

4. Menjadikan perbedaan bangsa tersebut dengan bangsa lainnya. Kesimpulan dari identitas nasional pastinya mengacu untuk membedakan dari suatu bangsa dengan bangsa lainnya. Dengan begini, identitas nasional bisa memberikan informasi adanya ciri khas dari suatu bangsa.

Pelajari Lebih Lanjut

Tentang hal-hal berhubungan dengan identitas nasional, dapat disimak juga di:

Detail Jawaban

Kelas : X

Mapel : Ppkn

Materi : Warga negara indonesia

Kode kategorisasi : 10.9.5

Kata kunci : makna identitas nasional, fungsi identitas nasional

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

#AprilMay2020

#TingkatkanPrestasimu