Plisss di jwab y besok mau di kumpul!

Posted on

Tuliskan 4 peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN?

Plisss di jwab y kak!

Plisss di jwab y besok mau di kumpul!

1. Sebagai salah satu pendiri ASEAN

Indonesia merupakan salah satu negara pemrakarsa berdirinya ASEAN. Salah satu isi dari Deklarasi Bangkok adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi , kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara serta meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang
ekonomi , sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi

2. Sebagai Salah Satu Pemimpin ASEAN

Pada zaman Orde Baru (masa kepemimpinan Presiden Soeharto), Indonesia menjadi pemimpin ASEAN, dimana dengan gaya kepemimpinannya, Indonesia mampu menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

3. Sebagai Tuan Rumah KTT Asean

KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) pernah beberapa kali diadakan di Indonesia. Seperti KTT ASEAN ke-1 di Bali (23-24 Februari 1976), KTT ASEAN ke-9 di Bali (7-8 Oktober 2003), KTT ASEAN ke-18 di Jakarta (4-8 Mei 2011), dan KTT ASEAN ke-19 di Bali (17-19 November 2011).

4. Mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara

Indonesia pernah menjadi penengah antara Moro National Front Liberation (MNFL) dengan pemerintah Filiphina, yang pada akhirnya kedua belah pihak tersebut sepakat untuk melakukan perjanjian damai yang dilakukan pada pertemuan di Indonesia.