Hai muda Arif Budiman hasilkan kemudi dengan pedoman alat perahumu jua kerjakan itulah jalan membetuli Insan Tuliskanlah ciri-ciri yang terdapat pada penggalan puisi Rakyat tersebut​

Posted on

Hai muda Arif Budiman hasilkan kemudi dengan pedoman alat perahumu jua kerjakan itulah jalan membetuli Insan Tuliskanlah ciri-ciri yang terdapat pada penggalan puisi Rakyat tersebut​

Jawaban:

Ciri-Ciri Puisi Rakyat

Puisi rakyat atau puisi lama berbeda dengan puisi baru atau puisi modern. Ciri khas yang menandai puisi rakyat adalah,

1. Terikat oleh aturan penulisan.

Puisi rakyat ditulis berdasarkan aturan-aturan seperti, jumlah suku kata setiap baris, jumlah baris dalam bait, jumlah bait, dan persamaan bunyi/sajak/rima.

2. Penulisnya tidak diketahui (anonim).

Tidak diketahui secara pasti para-penulis puisi lama. Hal tersebut dikarenakan, puisi lama pada awalnya disampaikan secara lisan atau dari mulut ke mulut.

3. Pada dasarnya bertujuan mendidik dan mewariskan nilai-nilai hidup sambil menghibur.

Kehidupan masyarakat lama sangat kental dengan hukum adat dan agama. Oleh karena itu para orang tua, tokoh masyarakat, pemuka adat dan agama berusaha mendidik generasi mudanya untuk hidup berdasarkan norma-norma dan budaya setempat. Meskipun demikian, upaya mendidik dan mewariskan tersebut tidak membosankan karena disampaikan dengan cara yang menghibur.

4. Menggunakan kata-kata lama.

Di dalam puisi rakyat terdapat kata-kata yang jarang digunakan oleh masyarakat modern. Contohnya, niscaya, sauh, ayar, tamsil, bak, dan masih banyak yang lain.

Jawaban:

Ciri – ciri puisi rakyat :

1. Jenis puisi yang berkembang pada kehidupan masyarakat sehari-hari; sebagai suatu tradisi masyarakat setempat.

2. Tersebar secara lisan.

3. Bersifat baku atau terikat oleh berbagai ketentuan; seperti banyaknya larik setiap bait, banyaknya suku kata pada setiap larik, ataupun pola rimanya.

4. Digunakan dalam upacara adat mungkin pula di dalam pergaulan sehari-hari.