Quizzz…

Posted on

√No Ngasal! Ok.

-Indonesia Terletak Pada Pertemuan
3 Lempeng Tektonik Besar, Sebutkan 3 Lempeng Tersebut?

-Sebutkan dan Jelaskan Jenis 2 Gempa!

-Sebutkan dan 4 Macam Bentuk Muka Bumi!

-Sebutkan Ciri ciri Iklim Tropis!

35 poin

Quizzz…

Jawaban:

1. lempeng di Indonesia :

A) Lempeng Eurasia

Lempeng Eurasia adalah lempeng tektonik terbesar ketiga yang berada di daerah Eurasia, daratan yang terdiri dari benua Eropa dan Asia kecuali di daerah India, Jazirah Arab, dan timur Pegunungan Verkhoyansk di Siberia Timur

B) Lempeng Indo-Australia

Lempeng Indo-Australia ialah nama untuk 2 lempeng tektonik yang termasuk benua Australia dan samudra di sekelilingnya yang memanjang ke barat laut sampai termasuk anak benua India dan perairan di sekelilingnya

C) Lempeng sirkum pasifik

Sirkum Pasifik adalah jalur pegunungan yang membentang dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, menuju Pegunungan Rocky di Amerika Utara, lalu menuju ke Jepang. Kemudian negara-negara di Asia Tenggara yang dilalui sirkum Pasifik seperti Filipina, dan Indonesia yang melewati Sulawesi

2. jenis gempa :

A) Gempa bumi tektonik

Lempeng bumi selalu mengalami pergerakan. Gerakan lempeng bumi ini bisa saling menjauh, saling mendekat, atau saling bergeser satu sama lain.

Biasanya, pergerakan lempeng bumi sangat lambat dan tidak terasa oleh manusia. Pergerakan lempeng bumi terukur hanya 0-15 sentimeter dalam setahun.

Jika terjadi tabrakan atau patahan lempeng akibat pergerakan tersebut, maka akan menimbulkan getaran yang biasa kita sebut dengan gempa bumi.

Ketika dua lempeng bergerak saling mendekat dan lempeng tidak mampu menahan kekuatan akibat pergerakan tersebut, kondisi ini juga bisa menimbulkan gempa.

B) Gempa bumi vulkanik

Dibawah lapisan kulit bumi terdapat lapisan mantel yang suhunya jauh lebih panas. Pada lapisan ini terdapat aktivitas magma yang bisa mendesak hingga membentuk rangkaian gunung berapi.

Rangkaian inilah yang melewati wilayah geografis Indonesia. Kita mengenal rangkaian ini dengan sebutan lingkaran api atau ring of fire.

3. macam bentuk muka bumi :

A) Laut

Laut adalah salah satu bagian bumi yang terdiri dari perairan sangat luas. Pada wilayah ini terdapat jenis perairan seperti teluk, selat, samudra dan laut. Adapun pengertian laut itu sendiri adalah suatu perairan yang berbentuk cekungan dalam.

B) Sungai

Sungai adalah salah satu bentuk bumi yang terdiri dari kumpulan air mengalir dan membentuk jalur memanjang. Salah satu karakteristik dari sungai adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

C) Danau

Danau merupakan sekumpulan air yang bersatu pada suatu lokasi yang luas. Munculnya sebuah danau dapat diakibatkan dari adanya mata air ataupun aliran sungai. Danau juga terdiri dari dua jenis, yaitu danau buatan dan danau asli.

D) Gunung

Gunung merupakan salah satu bagian dari permukaan bumi yang sangat tinggi dan menjadi tempat keluarnya cairan magma. Jika Anda pernah mendaki gunung, akan terlihat jelas pepohonan yang terdapat di gunung tersebut.

Jika dilihat dari dekat, memang yang nampak adalah pepohonan. Namun, jika dilihat dari jauh, maka akan nampak tampilan keseluruhan dari gunung yang menjulang tinggi.

E) Bukit

Bukit merupakan salah satu bentang alam yang permukaannya lebih tinggi dibanding dengan daerah di sekelilingnya. Meskipun tinggi, namun bukit lebih rendah daripada gunung. Adapun bukit yang berjajar dan memanjang disebut dengan perbukitan.

F) Lembah

Lembah merupakan salah satu bentuk muka bumi yang berada di bawah gunung. Lebih tepatnya, lembah terletak di antara dinding-dinding gunung miring. Umumnya. Terdapat sungai yang mengalir dengan deras di wilayah dekat lembah.

4. ciri ciri iklim tropis :

A) Memiliki curah hujan yang tinggi, dan lebih lama pada setiap tahunnya, hal ini juga menjadikan tanah di iklim tropis menjadi subur.

B) Penguapan pada air laut cukup tinggi karena terdapat awan di atmosfer

C) Daerah iklim tropis terletak di antara 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS.

D) Pergantian suhu udara normal dan tidak ekstrim.

E) Memiliki tekanan udara yang rendah, dan perubahan tekanannya lambat

F) Memiliki amplitudo tahunan yang kecil sekitar 1-5 derajat celcius, kecuali pada amplitudo harian yang mana lebih besar.

G) Wilayah tropis basah biasanya tumbuhan yang tumbuh di hutan berwarna hijau dan lebat.

H) Pada wilayah tropis kering terdapat banyak sabana.

I) Karena pergerakan peredaran matahari, iklim tropis memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

J) Curah hujan pada iklim tropis lebih tinggi dan lebih lama dibandingkan dengan iklim lainnya di dunia.

K) Wilayah iklim tropis mendapat cahaya matahari setiap tahunnya karena letaknya dekat dengan garis khatulistiwa.

L) Memiliki suhu udara yang rata-rata tinggi karena posisi matahari yang vertikal. Umumnya suhu udara sekitar 20 – 30 derajat celcius. Bahkan bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius di beberapa tempat.

M) Iklim tropis dapat memengaruhi iklim global jika memiliki perubahan yang signifikan.

N) Suhu udara pada iklim tropis sangat tinggi. Pada siang hari bisa mencapai 45 derajat celcius, dan 10 derajat celcius pada malam hari.

O) Wilayah iklim tropis kering udara dapat berbalik cepat, hal ini disebabkan karena radiasi balik bumi yang berlangsung cepat juga.