Bagaimana dampak mengonsumsi zat aditif yang terkandung pada makanan ringan?​

Posted on

Bagaimana dampak mengonsumsi zat aditif yang terkandung pada makanan ringan?​

Jawaban:

Hari/Tanggal: Sabtu, 05 Desember 2020

Jam: 18.41 WIB

______________________________

Zat aditif adalah bahan yang ditambahkan dalam makanan yang bertujuan untuk menambah manis makanan, tekstur, dan cita rasa lainnya, serta untuk membuat makanan tampak menarik.

zat aditif dapat mencangkup:

• pewarna makanan

• pemanis buatan

• MSG

• Pengawet

• perasa buatan

Bagaimana dampak mengonsumsi zat aditif yang terkandung pada makanan ringan?

Jawab:

Zat aditif pada makanan ringan diantaranya yang paling sering kita dengar adalah MSG. Jika kita sering mengonsumsi makanan ringan yang sebagian besar mengandung MSG ini, maka dapat menimbulkan efek samping berupa sakit kepala, kerusakan mata, dan obesitas. selain MSG, di dalam makanan ringan juga terkandung pemanis buatan dan penambah rasa tertentu yang memiliki efek samping seperti pusing dan sakit kepala. Dan zat aditif buatan terakhir yang sering kita dengar adalah BHA dan BHT. efek samping dari bahan itu ialah memungkinkan seseorang terkena kanker.

Kesimpulannya:

Zat aditif pada makanan ringan jika di konsumsi berlebihan dapat menimbulkan sakit kepala, migrain, kerusakan sistem pada tubuh tertentu, obesitas, kanker, penyakit jantung, hingga kematian.

Catatan:

Boleh-boleh saja mengonsumsi makanan ringan, namun jangan berlebihan, karena zat aditif buatan pada makanan tersebut memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

ingat! sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Semoga Bermanfaat Ya ^^

Maafkan saya jika kurang tepat

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di komentar 🙂

Zat aditif yang terkandung pada makanan ringan adalah jenis zat aditif sintetis (buatan). Zat aditif yang terkandung dalam makanan ini biasanya lebih pekat, lebih stabil dan lebih murah. Namun, dampak bila sering mengkonsumsi makanan ringan ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena adanya zat zat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh atau bersifat karsinogenik yang dapat merangsang terjadinya kanker. Contohnya seperti monosodium glutamat (MSG) sebagai penyedap rasa, boraks sebagai pengawet dan pewarna tartrazine yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang

Semoga Membantu :)