Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat ilmu pengetahuan?? ​

Posted on

Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat ilmu pengetahuan?? ​

Jawaban:

Rasional. Ilmu pengetahuan didasarkan atas kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan rasio (nalar) dan hasilnya dapat diterima oleh nalar manusia.

Objektif. Kebenaran yang dihasilkan ilmu itu merupakan kebenaran tentang pengetahuan yang jujur, apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya. Objek dan metode ilmu tersebut dapat dipelajari dan diikuti secara umum. Kebenaran itu dapat diselidiki dan dibenarkan oleh ahli lain dalam bidang ilmu tersebut.

Empiris. Kesimpulan yang diambil harus dapat dibuktikan melalui pemeriksaan dan pembuktian panca indra, serta dapat diuji kebenarannya dengan fakta. Hal ini yang membedakan antara ilmu pengetahuan dengan agama.

Akumulatif. Ilmu dibentuk dengan dasar teori lama, yang disempurnakan, ditambah, dan diperbaiki sehingga semakin sempurna. Ilmu yang dikenal sekarang merupakan kelanjutan dari ilmu yang dikembangkan sebelumnya.

Semoga Berguna….

Penjelasan:

  • Setiap IP selalu memiliki sifat dan ciri² tertentu. Sifat dan ciri IP antara lain adalah:
  • Memiliki objek

Setiap ilmu memiliki objek yang menjadi pusat kajian. Objek yang dikaji dalam mempelajari suatu ilmu biasanya bersifat spesifik. Contohnya ilmu biologi, kesenian dll.

  • Memiliki metode

Metode yang digunakan untuk mempelajari ilmu pengetahuan disebut metode ilmiah. Metode ilmiah di gunakan untuk meneliti dan mempelajari suatu objek sehingga ditemukan kebenaran. Ilmu yang dikembangkan dengan menggunakan metode ini kebenarannya akan diakui secara ilmiah oleh seluruh pakar IP yang berlaku sampai ada bukti baru yang menentang atau menggugurkannya.

  • Bersifat sistematis

IP harus bersifat sistematis, karena IP harus tersusun secara sistematis dari yang sederhana hingga yang diatur sedemikian rupa sehingga yang satu dan yang lainnya dapat saling mendukung.

Note : IP yaitu Ilmu Pengetahuan ya:)

Semoga membantu:)