Kondisi geogfis pulau jawa​

Posted on

Kondisi geogfis pulau jawa​

Jawaban:

Simak penjelasan saya dibawah

Penjelasan:

1. Letak Pulau Jawa

Pulau Jawa terletak di wilayah yang dikelilingi perairan yang bervariasi. Mulai dari Laut Jawa yang berada di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Selat Sunda di bagian Barat dan Selat Bali di bagian Timur.

Sebagai pulau terluas di dunia, Pulau Jawa memiliki luas 138.793 km2. Karena letaknya yang dikelilingi oleh perairan besar dimana terdapat palung-palung laut di dalamnya, Pulau Jawa menjadi salah satu pulau yang rawan terjadi bencana di Indonesia

2. Suhu Rata-Rata

Wilayah Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis. Suhu rata-rata tahunan di Pulau Jawa bisa mencapai 22°-29°C. Sedangkan kelembaban rata-ratanya sekitar 75%. Suhu di Pulau Jawa bervariasi dimana biasanya suhu di pantai lebih tinggi hingga mencapai 34°C di siang hari saat musim kemarau.

Di daerah pantai pun suhunya bervariasi. Daerah yang berada di pantai utara memiliki suhu yang cenderung lebih tinggi atau lebih panas dibandingkan daerah di pantai selatan. Sedangkan di daerah pegunungan tinggi tentu saja suhunya lebih rendah atau lebih sejuk dibandingkan daerah dataran rendah atau daerah tepi pantai.

3. Kenampakan Alam

Pulau Jawa merupakan pulau yang relatif lebih muda dibanding pulau-pulau lainnya. Karena Pulau Jawa pada dasarnya terbentuk dari aktivitas vulkanik, maka kenampakan alam yang khas dari Pulau Jawa adalah banyaknya pegunungan dan gunung api yang masih aktif. Beberapa diantaranya misalnya Gunung Semeru, Gunung Merapi dan banyak lagi yang lainnya.

Selain terdiri dari banyak gunung berapi, kenampakan alam yang khas dari Pulau Jawa adalah banyaknya sungai-sungai yang membelah antar provinsi dan termasuk dalam sungai-sungai besar di Indonesia. Sebut saja salah satunya adalah Sungai Bengawan Solo yang membentang di 2 provinsi berbeda (lihat: Sungai Terpanjang di Indonesia).

Dampak dari banyaknya gunung berapi yang masih aktif ditambah lagi dengan pegunungan-pegunungan dengan letak yang tidak berdekatan membuat beberapa wilayah tergolong dalam wilayah terisolasi. Namun justru wilayah inilah yang menyimpan potensi alam dan pertanian yang sangat besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, secara geografis, letak Pulau Jawa dapat disimpulkan seperti berikut.

Kondisi Geografis Pulau Jawa

Luas Wilayah 138.793 km2

Batas Wilayah Utara:Laut Jawa, Selatan:Samudera Hindia, Barat:Selat Sunda, Timur:Selat Bali

Kenampakan Alam Utama Gunung berapi yang masih aktif, Sungai dengan aliran yang berasal dari mata air pegunungan, Dataran rendah