Bangsa indonesia pernah menerapkan sistem demokrasi liberal tahun 1945-1959, kenyataanya dalam pelaksanaannya adalah………..

Posted on

a. menganut sistem masyarakat
b. kekuasaan di pegang presiden
c. kabinet sering bubar sehingga mengakibatkan instabilitas nasional
s. cenderung semua keputusan ada pada pemimpin

Bangsa indonesia pernah menerapkan sistem demokrasi liberal tahun 1945-1959, kenyataanya dalam pelaksanaannya adalah………..

Jawaban Terkonfirmasi

Bangsa Indonesia pernah menerapkan sistem demokrasi liberal tahun 1945 – 1959, kenyataan dalam pelaksanaannya adalah cenderung semua keputusan ada pada pemimpin (D)

Pembahasan

Indonesia telah mengalami beberapa perubahan sistem pemerintahan, salah satunya adalah sistem demokrasi liberal atau yang biasa disebut dengan demokrasi konstitusional sistem ini menganut pada kebebasan individual. Dalam arti sistem politik liberal adalah demokrasi yang melindungi secara konstitusional hak yang dimiliki oleh individu dari kekuasaan pemerintah. Pembahasan dari soal diatas merupakan suatu ciri – ciri dari terlaksananya demokrasi liberal, ciri – ciri tersebut diantaranya adalah kepentingan pribadi akan diutamakan, kepercayaan merupakan urusan masing – masing, membatasi kelompok minoritas dan pengambilan keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak. Pelaksanaan demokrasi liberal tidak hanya ada di Indonesia, beberapa negara sudah menganut sistem liberal atau konstitusional seperti Amerika Serikat. Pelaksanaan demokrasi liberal terjadi sejak dibubarkannya RIS, sejak tahun 1950 Indonesia melaksanakan sistem demokrasi parlementer – liberal.

Pelajari lebih lanjut

  1. Contoh demokrasi liberal brainly.co.id/tugas/2483566
  2. Sebutkan 10 perbedaan demokrasi liberal dengan demokrasi terpimpin ? brainly.co.id/tugas/1276055
  3. Demokrasi yang pernah berlaku di indonesia brainly.co.id/tugas/4602248
  4. Sebutkan nama kabinet pada masa demokrasi liberal brainly.co.id/tugas/935482

Detil jawaban

Kelas : VIII SMP

Mapel : PPKn

Bab : Bab 2 – Konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia

Kode : 8.9.2

Kata kunci : Sistem demokrasi, demokrasi liberal, sistem pemerintahan.