Motif ekonomi yang menyebabkan orang melakukan kegiatan konsumsi?Tolong jwban yg tepat :)​

Posted on

Motif ekonomi yang menyebabkan orang melakukan kegiatan konsumsi?Tolong jwban yg tepat :)​

Jawaban:

Mengenal Lebih Jauh Pengertian, Tujuan dan Jenis Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Aktivitas tersebut mencakup kebutuhan lahir maupun batin, secara khusus yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan, kemakmuran, dan kepuasan.

Penjelasan:

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan dilandaskan pada prinsip-prinsip ekonomi. Pengertian lainnya yaitu tindakan individu dalam menentukan pilihan dan menggunakan peluang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai ilustrasi, untuk memudahkan Anda memahami pengertian tindakan ekonomi adalah sebagai berikut; Jika Anda dihadapkan pada dua barang dengan kualitas sama, merek yang sama namun dengan harga yang berbeda, manakah barang yang akan Anda pilih? Anda tentu memilih harga yang lebih murah bukan? Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan kegiatan ekonomi.

Tujuan Melakukan Tindakan Ekonomi

Saat seseorang melakukan tindakan ekonomi, tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Berikut beberapa tujuan kegiatan ekonomi:

Untuk memilih barang atau jasa yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk mengidentifikasi perbedaan kualitas barang dan jasa yang akan digunakan.

Untuk memilih kebutuhan mana yang lebih prioritas.

Untuk mempertimbangkan untung rugi dari pilihan yang telah dibuat,

Tindakan Ekonomi Rasional

Aktivitas ekonomi yang merupakan tindakan ekonomi rasional diambil oleh individu didasari oleh keinginan memilih yang terbaik atau mencari keuntungan yang paling besar. Itu sebabnya, dalam praktiknya, pelaku ekonomi memperhitungkan dengan saksama kerugian dan keuntungan yang mungkin terjadi.

Contoh aplikasi tindakan ekonomi rasional di bidang bisnis yaitu berusaha memperoleh bahan baku yang bagus dan murah lalu diolah menjadi produk yang dapat dijual dengan harga tinggi.

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu proses produksi yang efektif dan efisien, tenaga kerja yang terampil, serta distribusi dan promosi yang tepat agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan irasional adalah tindakan yang diambil tidak berdasarkan petimbangan yang matang. Tindakan ini diambil tanpa memperhitungkan untung rugi, hanya berdasar persepsi. Pelakunya melakukan tindakan ini dengan langsung bertindak tanpa memikirkan lebih jauh mengenai biaya produksi, distribusi dan lain sebagainya.

Tindakan ini bisa jadi memberikan hasil yang maksimal, namun bisa juga menimbulkan kerugian yang besar. Contoh aplikasi tindakan ini yaitu menetapkan harga barang yang tinggi tanpa memperhitungkan kualitas bahan atau biaya produksinya.

Prinsip Ekonomi

Secara umum, prinsip ekonomi mencakup 3 hal utama yaitu

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Tujuan kegiatan produksi yaitu memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan laba bagi produsen.

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan produk atau jasa agar dapat sampai ke tangan konsumen. Pihak yang berperan dalam kegiatan ini yaitu agen atau pedagang besar.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan yang dilakukan konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ini mencakup penggunaan barang dan jasa.

Jawaban:

kelaparan akan makanan