Rangkuman modul ppkn hal 15 tolong kak bantu di kumpulkan hari ini :(

Posted on

Rangkuman modul ppkn hal 15
tolong kak bantu di kumpulkan hari ini :(

Rangkuman modul ppkn hal 15
tolong kak bantu di kumpulkan hari ini 🙁

1. Warga Negara Indonesia dan Orang asing yang memiliki izin tinggal tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP.

2. Warga negara yang dapat memiliki KIA adalah anak usia 5-17 tahun.

3. Tidak ada sanksi, tetapi konsekuensi bagi yang tak segera membuat KTP maka sampai batas yang telah ditentukan, maka warga yang belum memiliki KTP tidak akan mendapat pelayanan publik, layanan perbankan, layanan kepolisian, layanan kesehatan, layanan izin mendirikan bangunan, dan surat izin perkapalan

4. Bagi plato, sumber kekuasaan itu bukan pangkat, kedudukan, jabatan, ataupun harta milik dan kekayaan dan bukan pula dewa atau apapun yang dianggap ilahi. Oleh sebab itu menurut plato pengetahuan adalah kekuasaan. Plato menilai bahwa negara merupakan perpanjangan sistem dari sebuah keluarga.

5. Menurut pendapat Aritoteles, sumber kekuasaan ialah hukum kemudian ia menegaskan bahwa hanya apabila hukum yang menjadi sumber kekuasaan, barulah pemerintahan para penguasa akan terarah bagi kepentingan, kebaikan dan kesejahteraan umum serta hanya apabila hukum yang menjadi sumber kekuasaan bagi para penguasa.

6. dan 7. Secara etimologi kedaulatan berasal dari bahasa arab, Daulat yang berarti kekuasaan atau dinasti pemerintahan. Selain itu dari bahasa latin yaitu, supremus yang artinya tertinggi. Kemudian kata tersebut disamakan artinya dengan sovranita (bahasa italia) atau souverenigntu (bahasa inggris). Jadi kedaulatan berarti kekuatan tertinggi pada suatu negara atau kekuasaan yang tidak terletak di bawah kekuasaan negara lain.

8. Kedaulatan ke dalam adalah kekuasaan tertinggi untuk mengatur kehidupan bernegara atau kekuasaan untuk mengatur pemerintahan sendiri tanpa campur tangan negara lain. Sedangkan kedaulatan kedaulatan dari segi eksternal atau desebut kedaulatan ke luar adalah kedaulatan dari segi eksternal.

Maaf kalo salah