Kesimpulan yang baik berisikan pesan yang ​

Posted on

Kesimpulan yang baik berisikan pesan yang ​

Jawaban Terkonfirmasi

Kesimpulan yang baik berisi pesan yang tersampaikan dengan baik serta dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Bila kesimpulan tidak menyampaikan pesan dengan baik baik dan bahasa yang mudah dimengerti, maka pembaca tidak akan mendapatkan apa poin penting dari sebuah gagasan maupun teks.

Pembahasan

Kesimpulan merupakan rumusan akhir dari suatu gagasan atau pemikiran. Kesimpulan dapat kita temukan dari laporan penelitian. Dari laporan tersebut kita bisa lihat bahwa kesimpulan merupakan gagasan atau rumusan akhir dari uji coba yang telah dilakukan. Bila membaca sebuah teks, maka kita akan mencari apa intisari dan gagasan penting dari teks tersebut yang kemudian diringkas dan disebut dengan kesimpulan.

Ciri ciri kesimpulan

  • Singkat, jelas, dan padat. Artinya kesimpulan ditulis dan disampaikan tanpa bertele-tele, menggunakan bahasa yang padat, dan kalimat kalimat singkat.
  • Tersampaikannya pesan. Artinya informasi dan pesan sampai kepada para pembaca.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Artinya kesimpulan menggunakan bahasa dan rangkaian kalimat yang memudahkan pembaca untuk mengerti dan memahaminya.
  • Menggunakan kosakata baku. Artinya kesimpulan ditulis menggunakan kosakata baku agar semua orang dapat memahami bahasa tersebut.
  • Dapat berupa gabungan dari kalimat utama. Hal ini disebabkan kalimat utama mengandung intisari atau ide pokok dalam setiap paragraf.
  • Dimulai dengan pernyataan khusus dan dilanjutkan dengan pernyataan umum. Pernyataan umum setelah pernyataan khusus bertujuan untuk mencangkup informasi khusus yang ada pada pernyataan khusus.
  • Memiliki pola sebab akibat ataupun sebaliknya akibat sebab.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian kesimpulan brainly.co.id/tugas/2243484
  2. Materi tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan brainly.co.id/tugas/4918250
  3. Materi tentang menarik kesimpulan dari sebuah kegiatan brainly.co.id/tugas/37342440

Detail jawaban

Kelas: –

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: –

Kode: –


#TingkatkanPrestasimu #SPJ3