4 tokoh utama abbasiyah

Posted on

4 tokoh utama abbasiyah

Tokoh Ilmuan masa bani abbasiyah

1.Ilmu Filsafat

           Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan haikat dari segala yang ada. Tujuannya adalah untuk ‘mencari kebenaran dan mewujudkan kebahagiaan melalui kepercayaan yang benar dan perbuatan yang baik.

1.       Al-kindi

         Lahir di kufah  tahun 801 M, dengan nama lengkap Abu Yusuf Ya’qub  bin  Ishak bin Sabah bin Imran bin Ismail bin Muhammad bin  Al – Asy’as bin Qais Al- Kindi   dan wafat pada tahun 869 M. Ia dikenal sebagai filsuf muslim yang pertama  karena ia adalah orang islam pertama yang mendalami ilmu filsafat. Hingga abad ke-7, pengetahuan  filsafat masih di dominasi  oleh orang-orang kristen suriah. Karya-karya Al –Kindi berjumlah kurang lebih 270 buah. Kebanyakan  berupa risalah pendek dan banyak yang sudah tidak di temukan lagi.  Karya tersebut dapat dikelompokan dalam  bidang filsafat,logika,ilmu hitung,musik,astronomi,geometri,medis,astrologi,psikologi,politik, dan meteorologi.

    2.       Al- Farabi

         Lahir di Farab pada tahun 870 M dengan nama lengkap Abu Nasr Muhammad bin Muhammad bin Tarkhan bin Uzlag  Al- Farabidan wafat pada tahun 950 M di Aleppo, Suriyah. Al-Farabi mengarang buku dalam berbagai bidang diantaranya logika,fisika,ilmu jiwa, ilmu politik,kimia dan musik.Ia menguasai 70 bahasa sehingga ia menguasai berbagai ilmu pengetahuan.
          Ada 5 bentuk negara menurut pendapat Al – Farabi yaitu 
Negara Utama( Al-Madinah Al-Fadilah)adalah negara yang penduduknya berada dalam kebahagiaan   Bentuk negara ini dipimpin oleh para nabi dan dilanjutkan oleh filsuf.     Negara-negara orang bodoh yaitu negara yang penduduknya tidak mengenal kebahagiaan.   Negara – negara orang Fasik ( Al- Madinah Al- Fasiqah) adalah negara yang penduduknya mengenal kebahagiaan, tetapi tingkah laku mereka sama dengan penduduk  negara orang-orang bodoh. Negara Sesat (Al-Madinah Al-Dallah)  adalah negara yang pemimpinnya menganggap dirinya mendapat wahyu. Ia kemudian menipu orang banyak dengan ucapan dan perbuatannya.Negara yang berubah-ubah (Al-Madinah Al-Mutabaddilah) . Penduduk negara ini awalnya mempunyai pikiran dan pendapat seperti yang dimiliki penduduk negara utama,tetapi mengalami kerusakan.3.       Ibnu Sina

         Lahir di Afsyanah, Uzbekistan pada tahun 980 M dengan nama asli Abu  Al- Husain bin  Abdullah dan meninggal pada tahun 1037 M di Hamdan. Ia merupakan seorang dokter dan filsum islam ternama. Di barat ia dikenal dengan nama Avicenna. Karya Ibnu Syina kurang lebih ada 200 karya tulis. Buku yang terkenal diantaranya: Asy-Syifa’(buku tentang penyembuhan), Al Qanun fit – Tibb (Buku tentang peraturan-peraturan kedokteran), ‘Uyun al-hikmah (Mata air hikmah) dll.

4.       Ibnu Maskawih

       Lahir pada tahun 941 M dengan nama lengkap Abu  Ali Ahmad bin Muhammad bin Ya’kub bin Maskawaih dan wafat pada tahun 1030 M. Pemikiran  filsofot Ibnu Maskawih  yang ditunjukan pada etika dan moral dimuat dalam 3 bukunya yaitu ; Tartib as-sa’adah,Tahzib al-Akhlaq, dan Jawidan Khirad.

Tokoh pendiri Dinasti Abbasiyah :
1. Muhammad bin Ali bin Abdullah
2. Ibrahim al Imam
3. Abu Muslim al – Khurasani
4. Abul Abbas as – Shaffah
5. Abu Ja'far al Mansyur