1.Jelaskan pengertian Patung menurut Mikke Susanto dan menurut Kamus Besar Indonesia

Posted on

2.Jelaskan 3 fungsi Patung secara umum berdasarkan pembuatannya
3.Bahan seni patung dapat dibedakan menjadi tiga, jelaskan dan sebutkan contohnya​

1.Jelaskan pengertian Patung menurut Mikke Susanto dan menurut Kamus Besar Indonesia

1. Menurut Mikke Susanto, seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) atau aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak)

2. Patung Dekorasi. Berfungsi untuk memperindah suatu ruangan atau lingkungan eksterior.

Patung Monumen, Dibuat untuk mengenang jasa tokoh atau kelompok tertentu, seperti sosok pahlawan suatu negara atau memperingati peristiwa bersejarah.

Patung Kerajinan. Merupakan patung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat diminati untuk dibeli berdasarkan berbagai kebutuhan umum yang tidak spesifik.

3.Bahan Lunak. Bahan lunak yang memiliki masa atau volume dapat digunakan untuk membuat patung, seperti: tanah liat, lilin, clay, hingga ke bahan khas atau alternatif seperti: sabun, dsb.

Bahan Sedang. Bahan yang tidak lunak dan tidak keras, misalnya: kayu randu, kayu mahoni, kayu waru dan kayu yang tidak terlalu keras lainnya.

Bahan Keras. Bahan keras dapat berupa batu atau kayu yang lebih keras, contohnya adalah: batu marmer (pualam), batu granit, batu andesit, kayu jati, kayu ulin, kayu sonokeling.

Penjelasan:

1. seni patung menurut mikke Susanto ialah sebuah tipe karya 3 dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subraktif