Sebutkan tiga organisasi pergerakan yang muncul setelah Budi utomo?

Posted on

Sebutkan tiga organisasi pergerakan yang muncul setelah Budi utomo?

Jawaban Terkonfirmasi

Antara Lain : Sarekat Islam,Indische Partij,Muhammadiyah,Trikoro Dharmo

1. Sarekat Islam

Sebenarnya Organisasi ini dibentuk sebelum adanya Budi Utomo, namun pada awalnya organisasi ini bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) yang didirikan pada 16 Oktober 1905 oleh H. Samanhudi, dimana SDI didirikan dengan tujuan sebagai perkumpulan untuk pedagang-pedagang Islam di tanah air yang menentang masuknya pedagang asing untuk menguasai pasar ekonomi rakyat pada masa itu.

Kemudian seiring perkembangan waktu dan keadaaan, organisasi ini tidak hanya bergerak di bidang perdagangan saja. Kondisi politik dan sosial di tanah air pada masa itu akhirnya membuat organisasi ini mengubah struktur serta visi dan misinya. Maka pada tahun 1912 ketika organisasi ini dipimpin oleh H.O.S Cokroaminoto, nama SDI pun diubah menjadi Sarekat Islam (SI), dimana pendirian SI bertujuan untuk:

Mengembangkan jiwa dagang.Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha.Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat.Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam.Hidup menurut perintah agama.2. Indische Partij

Indische Partij didirikan pada 25 Desember 1912 oleh 3 Serangkai, yaitu Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Ki Hadjar Dewantara yang merupakan sebuah organisasi orang-orang Indonesia dan Eropa di Indonesia. Organisasi ini didirikan karena adanya keganjilan-keganjilan yang terjadi (diskriminasi) khususnya antara keturunan Belanda asli dengan orang Belanda campuran (Indonesia).

Organisasi ini mempunyai tujuan untuk menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia, baik golongan Indonesia asli maupun golongan Indo, Cina, Arab, dan sebagainya. Mereka akan dipadukan dalam kesatuan bangsa dengan membutuhkan semangat nasionalisme Indonesia.

3. Muhammadiyah

Organisasi Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912. Organisasi ini didirikan untuk mendukung usaha K.H. Ahmad Dahlan untuk memurnikan ajaran Islam yang menurut anggapannya, banyak dipengaruhi hal-hal mistik. Adapun tujuan didirikannya organisasi ini adalah sebagai berikut:

Memajukan pendidikan dan pengajaran berdasarkan agama Islam.Mengembangkan pengetahuan ilmu agama dan cara-cara hidup menurut agama Islam.Untuk mencapai tujuan tersebut, usaha yang dilakukan oleh Muhammadiyah adalah sebagai berikut:Mendirikan sekolah-sekolah yang berdasarkan agama Islam ( dari TK hingga perguruan tinggi.Mendirikan poliklinik-poliklinik, rumah sakit, rumah yatim, dan masjid.Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keagamaan.