Sebutkan 5 permasalahan yang dihadapi dalam sektor agrikultur

Posted on

TOLONG DIBANTU KAK…..​

Sebutkan 5 permasalahan yang dihadapi dalam sektor agrikultur

Jawaban:

1. Luas lahan, rata-rata luas lahan petani di Indonesia kurang dari 1 ha hal tersebut mempengaruhi hasil yang sedikit dengan hasil yang sedikit para petani mendapatkan permasalahan lain yaitu tidak bisa menjual langsung ke pasar sehingga mereka terpaksa menjual lewat pengepul dengan harga yang lebih rendah dibanding menjual langsung ke pasar.

2. Cuaca, sektor pertanian sangat bergantung pada cuaca akan tetapi dalam beberapa tahun kebelakang perubahan cuaca sangat tidak menentu sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen.

3. Harga tidak stabil, harga komoditas pertanian sangat fluktuatif sehingga tidak jarang petani rugi saat menjual hasil panen, harga yang fluktuatif tersebut dipengaruhi berbagai faktor dan yang paling mempengaruhi adalah supply yang melebihi demand.

4. Kurang inovasi, masih sangat sedikit petani yang mengolah terlebih dahulu produk mereka sebelum dijual. Mayoritas petani langsung menjual produk dengan alasan tidak ingin ribet padahal pengolah terlebih dahulu sangat menguntungkan seperti, naiknya harga jual dan masa simpan produk bertambah.

5. Teknologi, umumnya para petani masih jarang yang menggunakan teknologi modern selain karena luas lahan yang terlalu kecil untuk memakai alat modern masalah lainnya adalah pemikiran petani yang masih kolot dan enggan untuk menggunakan alat atau teknik modern.