Tolong ya. arti mamanis basa pondok nyogok panjang nyugak

Posted on

Tolong ya. arti mamanis basa pondok nyogok panjang nyugak

Jawaban Terkonfirmasi

Arti mamanis basa pondok nyogok panjang nyugak adalah ucapan yang tidak enak kedengarannya, seperti ucapan yang tidak halus atau ucapan kasar yang bisa menyakitkan hati pendengarnya. Mamanis basa adalah istilah dalam bahasa Sunda yang artinya sama dengan pemanis basa. Pemanis basa biasanya diperlukan dalam tulisan supaya tulisan tersebut terbaca bagus dan indah.

Pembahasan

Mamanis basa pondok nyogok panjang nyugak selain merupakan mamanis basa juga merupakan paribasa atau peribahasa. Paribasa termasuk bagian dari pakeman basa. Pakeman basa adalah rangkaian kata-kata atau kalimat yang memiliki susunan yang sudah tetap serta arti yang sudah tetap pula.

Dalam bahasa Sunda yang termasuk ke dalam pakeman basa adalah seperti paribasa, babasan, cacandran, pamali dan kila-kila. Paribasa atau peribahasa pondok nyogok panjang nyugak dianggap merupakan mamanis basa karena antar kata-katanya terdapat purwakanti. Purwakanti adalah kedekatan suara antar kata-kata yang ada.

Dua kata yang memiliki purwakanti maka antar kedua kata tersebut disebut "murwakanti". Contohnya seperti dalam mamanis basa pondok nyogok panjang nyugak, kata pondok murwakanti dengan kata nyogok, kata panjang murwakanti dengan kata nyugak. Pondok artinya pendek, panjang artinya panjang, nyogok dan nyugak artinya sama dengan menusuk.

Jadi terlihat dalam mamanis basa ada kata-kata yang bunyinya beda tapi memiliki arti yang sama atau hampir sama, seperti kata nyogok dengan kata nyugak, tapi pengulangan kata-kata yang memiliki arti yang sama tetapi bunyinya berbeda tersebut membuat sebuah kalimat menjadi indah jika diberi mamanis basa.

Contoh mamanis basa lainnya yang kata-katanya sebetulnya memiliki arti yang sama adalah seperti jauh dijugjug anggang diteang. Kata-kata jauh dijugjug dan kata-kata anggang diteang memiliki arti yang kira-kira sama yaitu meskipun jauh didatangi juga.

Pelajari lebih lanjut

__________

Detil Jawaban

Kelas : IX

Mapel : Bahasa Sunda – Pakeman Basa

Bab : 3

Kode : 9.13.3

Kata Kunci : Mamanis basa, pakeman basa, paribasa, babasan