Dampak negatif interaksi desa kota terhadap pembangunan desa adalah​

Posted on

Dampak negatif interaksi desa kota terhadap pembangunan desa adalah​

Jawaban Terkonfirmasi

INTERAKSI DESA-KOTA

Interaksi antara desa dan kota dapat mengakibatkan munculnya dampak positif maupun negatif. Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif interaksi desa-kota terhadap pembangunan desa.

  1. Masuknya pengaruh negatif lewat siaran media dari kota ke desa. Beberapa pengaruh negatif yang dapat muncul ialah konsumerisme (kecenderungan untuk membeli barang secara berlebihan), kriminalitas, gaya hidup yang tidak serasi dengan perekonomian penduduk desa, dsb.
  2. Lunturnya orientasi masyarakat desa. Penduduk yang berasal dari desa terkenal dengan mata pencahariannya secara umum sebagai petani. Adanya berbagai pengaruh dari kota mengakibatkan pudarnya anggapan tersebut.
  3. Perubahan tata guna lahan akibat perluasan wilayah kota. Dampak ini dapat berpengaruh pada lingkungan desa. Misalnya: Desa Asri dulu dikenal sebagai desa yang sejuk dan tenang. Suatu ketika, penduduk kota secara progresif membangun berbagai fasilitas dan infrastruktur kota di dekat desa tersebut. Penebangan pohon terus dilakukan secara masif; menyebabkan Desa Asri kini menjadi desa yang sumpek dan panas.
  4. Ketersediaan bahan pangan yang berkurang. Hal ini disebabkan oleh penduduk desa yang semakin banyak berpindah ke kota; membuat lahan-lahan pertanian di desa tidak banyak yang mengurus. Ini akan menyebabkan produksi pangan berkurang.
  5. Berkurangnya tenaga produktif di desa. Banyak tenaga produktif dari desa yang berpindah ke kota sehingga penduduk yang tinggal di desa kebanyakan tinggal anak-anak dan orang tua yang kurang/tidak produktif. Hal ini dapat memperlambat kemajuan ekonomi desa.

DETAIL JAWABAN

bold {Mapel::} Geografi

bold {Kelas::} 12

bold {Materi::} Desa dan Kota

bold {Kode:Kategorisasi::} 12.8

KATA KUNCI

→  Interaksi desa-kota

→  Dampak negatif interaksi desa-kota

#SEJUTAPOHON