Jelaskan perbedaan antara dua teks tersebut berdasarkan segi ide cerita, isi dan tujuan?

Posted on

tolong bantu saya 🙂

Jelaskan perbedaan antara dua teks tersebut berdasarkan segi ide cerita, isi dan tujuan?

Jelaskan perbedaan antara dua teks tersebut berdasarkan segi ide cerita, isi dan tujuan?

Jawaban Terkonfirmasi

Teks "Otak Orang Indonesia Masih Mulus" dan "Menunggu Bis Jalur 54" adalah dua contoh teks anekdot. Teks anekdot sendiri dapat diartikan sebagai teks yang mengandung unsur lucu. Namun, berbeda dengan cerita lucu pada umumnya, unsur lucu yang terdapat pada teks anekdot digunakan untuk menyindir sesuatu. Selain dalam bentuk teks, anekdot juga dapat ditemukan dalam bentuk gambar.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menganalisis kedua teks anekdot tersebut., Kemudian, kita diminta untuk menjelaskan perbedaan antara dua teks tersebut berdasarkan segi ide cerita, isi, dan tujuan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.

1. Dari segi ide cerita, teks "Otak Orang Indonesia Masih Mulus" menawarkan ide cerita yang lebih menarik untuk dibahas karena ungkapan 'jarang dipakai' yang terletak di bagian akhir teks. Sementara teks "Menunggu Bis Jalur 54" kurang menarik secara ide karena hanya membahas seseorang yang salah memahami bis nomor 54 sebagai bis urutan ke-54.

2. Dari segi isi, teks "Otak Orang Indonesia Masih Mulus" lebih mendekati sebagai teks anekdot karena menyampaikan sindiran kepada orang Indonesia yang dianggap oleh sang penulis jarang menggunakan otak mereka. Hal sindiran semacam ini tidak ditemukan pada teks "Menunggu Bis Jalur 54"

3. Dari segi tujuan, teks "Otak Orang Indonesia Masih Mulus" bertujuan menyindir masyarakat Indonesia agar mengembangkan pikiran yang kritis, tidak disetir oleh pihak-pihak lain seperti media ataupun orang-orang lain. Sementara teks "Menunggu BIs Jalur 54" bertujuan meminta orang agar cermat dalam mengolah informasi.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang analisis teks:

brainly.co.id/tugas/7397032

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 6 – Kritik

Kode kategori: 9.1.6

Kata kunci: teks anekdot, ide cerita, isi, tujuan, otak orang indonesia masih mulus, menunggu bis jalur 54