Jelaskan apa yang di maksud dengan fertilisasi?

Posted on

Jelaskan apa yang di maksud dengan fertilisasi?

Jawaban Terkonfirmasi

Fertilisasi merupakan proses penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina. Penyatuan tersebut menghasilkan sel diploid yang disebut zigot. Proses fertilisasi dapat terjadi pada hewan dan tumbuhan, tentu saja manusia juga. Pada hewan fertilisasi dapat terjadi secara internal atau eksternal.

Pembahasan

Fertilisasi terjadi saat ovum haploid bergabung dengan sperma haploid untuk membentuk zigot diploid yang membawa materi hereditas hasil penggabungan dari kedua sel.

Jenis Fertilisasi

Ada dua jenis fertilisasi yang terjadi pada hewan, yaitu :

  1. Fertilisasi Eksternal : merupakan pembuahan yang dilakukan di luar tubuh binatang. Gamet yang terdapat pada induk biasanya dikeluarkan dari tubuhnya, kemudian akan dibuahi oleh jantan. Fertilisasi secara eksternal umumnya terjadi pada hewan akuatik dan amfibi, seperti katak, ikan, dan lain sebagainya.
  2. Fertilisasi Internal : merupakan fertilisasi yang terjadi dalam tubuh, yaitu pada saluran reproduksi individu betina. Sebagian besar hewan darat, baik invertebrata dan vertebrata melakukan fertilisasi internal. Fertilisasi internal mengkhususkan perlindungan telur saat berkembang. Sebagai contoh, reptil dan burung memiliki telur yang ditutupi oleh cangkang pelindung yang tahan terhadap kehilangan air dan kerusakan. Mamalia, melakukan perlindungan dengan cara mempertahankan embrio berkembang dalam tubuh induk betina. Perlindungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan hidup bagi embrio. Bahkan, sebagian besar induk mamalia terus merawat anaknya selama beberapa tahun setelah lahir. Hewan darat yang melakukan fertilisasi internal yaitu sapi, kambing, kuda, dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang fertilisasi eksternal brainly.co.id/tugas/17592006

2. Materi tentang fertilisasi brainly.co.id/tugas/690

3. Materi tentang hewan vertebrata dan invertebrata brainly.co.id/tugas/3748084

—————————–

 

Detil jawaban  

Kelas: XI SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Reproduksi

Kode: 11.4.9

#JadiRankingSatu