Q.

Posted on

1. Siapa sahabat nabi yang memiliki mukjizat dapat menghijaukan alam?

2. Apa hukum solat jumat? Jelaskan dan haditsnya!

#Good Luck​

Q.

Jawaban:

1. Nabi Khidir.

2. hukum shalat jumat adalah wajib.

Penjelasan:

  • 1.Menurut buku Nabi Khidir karya M. Alwi Fuadi (2020:68), salah satu mukjizat Nabi Khidir adalah beliau dapat menghijaukan alam. Maksudnya adalah kemana pun beliau melangkahkan kakinya, maka tanah yang ada di sekitarnya yang semula kering akan tumbuh rerumputan hijau.
  • Mukjizat Nabi Khidir ini memang tidak tertulis dalam buku mana pun, tetapi memang merujuk dari nama beliau sendiri. Bagi Anda yang belum tahu, nama Khidir berasal dari kata Al-Khidr yang artinya adalah seseorang yang hijau.
  • Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim sebaiknya meyakini keberadaan Nabi Khidir beserta mukjizat yang dimilikinya. Terlepas dari mukjizat yang beliau miliki, sudah jelas bahwa Nabi Khidir adalah sosok yang bijaksana dan juga sangat taat kepada Allah SWT.

  • 2.Sholat Jumat merupakan kewajiban bagi umat muslim terutama laki-laki. Sholat Jumat memiliki hukum fadhu'ain. "Sholat Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali (tidak diwajibkan) atas empat orang yaitu, Budak, Wanita, Anak kecil dan Orang sakit." (HR. Abu Daud).

jika ada kesalahan mohon di koreksi dan maaf jika ada yang salah. Terima kasih.