Apa yang dimaksud krisis indochina dan pengalama pahit masa lampau di ASEAN

Posted on

Apa yang dimaksud krisis indochina dan pengalama pahit masa lampau di ASEAN

Jawaban Terkonfirmasi

Krisis indochina adalah krisis yang terjadi pada jajahan Perancis di Asia Tenggara. Krisis ini terdiri menjadi bagian dari negara Vientam, Laos dan Kamboja sekitar tahun 1960- 1975. Yang mengakibatkan banyak penduduk dari negara tersebut akhirnya mengungsi di negara tetangga seperti Republik Tiongkok dan Hongkong dan berbagai negara lainnya. Hal yang menyebabkan terjadinya Krisis Indochina adalah:

1. karena terjadinya Perang Vietnam yang merubah tatanan pemerintahan Vietnam , dimana Komunisme telah menduduki kota Saigon, yang berada di Vietnam Selatan dan akhirnya memunculkan negara baru Vietnam bersatu yang beribukota Hanoi.

2. Terjadi kekacauan di Indochina dan dibentuk aliansi komunisme antara Vietnam dan Laos untuk menghusir Perancis sebagai penjajah, akibat dari pertempuran dan aliansi ini menyebabkan kekacauan dan terjadilah exodus atau pengungsian besar-besaran di Laos, yang salah satu dampak korbannya adalah Suku Hmong di Laos.

3. Pathet Lao, yakni seorang tokoh revolusioner Laos pada masa itu juga berkonflik dengan Amerika Serikat. Masa itu Petit Lao dibantu oleh Vietnam untuk menghancurkan rezim Vientine, yang akan mengancam pemerintahan komunisme dan dikhawatirkan Amerika Serikat menjajah kembali Laos, juga karena alasan lain yakni hubungan Perancis dan Amerika Serikat pada masa itu berkoalisi di masa perang dingin.

Pengalaman pahit masa lampau Indochina di ASEAN

Kejatuhan Saigon dan dipegang oleh komunisme membuat banyak sekali situasi yang kacau pada masa itu, terjadi peperangan, bom, baku hantam antara vietnam Utara dan Vietnam Selatan yang dibantu oleh Amerika Serikat, sehingga banyak dari penduduk asli di Vietnam, Kamboja dan Laos akhirnya mengungsi ke negara lain, salah satunya di Indonesia.

Mereka yang menjadi pengungsi tersebut kehilangan status kewarganegaraannya, dan tidak adanya yang menjamin hidup mereka di negara asing. Satu-satunya cara adalah melarikan diri ke negara lain agar mereka dapat mampu bertahan hidup sampai situasi negara mereka sudah kondusif. Orang Vietnam pada masa itu ada yang sampai ke Indonesia, mereka disebut "Manusia perahu" yang akhirnya mereka diizinkan tinggal di Batam yakni Pulau Galang dan Aceh.

Hingga saat ini mereka yang menjadi korban Krisis Indochina ada di Amerika Serikat, Tiongkok, India dan negara lain yang saat ini masih atas jaminan dari lembaga PBB bernama United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), yang bertugas untuk warga negara dunia yang keadaan negaranya di dalam keadaan perang, krisis ekonomi atau di dalam revolusi. Setelah tahun 1995, mereka ada juga yang sudah kembali ke negara asalnya, salah satunya pengungsi Vietnam di Indonesia, yang saat itu di Pulau Galang itu sendiri pernah menampung sekitar 250.000 jiwa. Mereka yang disebut sebagai manusia perahu masuk di dalam sejarah orde baru pada masa itu. Soeharto atas dasar kemanusiaan, akhirnya mengizinkan pengungsi Vietnam untuk tinggal di Pulau tersebut.

Pulau Galang adalah pulau yang diizinkan oleh Soeharto untuk pengungsi Vietnam yang saat itu Pulau Galang merupakan pulau yang tidak boleh diizinkan untuk ditinggali penduduk, kecuali petugas keamanan atau angkatan bersenjata pada masa itu.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang Indochina, klik link di bawah ini:

Sebutkan negara negara yang termasuk kedalam indochina

brainly.co.id/tugas/88970

Apakah arti indochina?

brainly.co.id/tugas/1885270

Jelaskan apa yang dimaksud dengan krisis Indocina dan bagaimana dampaknya bagi negara di ASEAN ?

brainly.co.id/tugas/9649553

…………………………

Kelas: XII

Mata pelajaran: Sejarah

Kategori: Peristiwa Kontemporer

Kata Kunci: Krisis Indochina, Pulau Galang, Pathet Lao, Soeharto