Keadaan alam benua afrika​

Posted on

Keadaan alam benua afrika​

Keadaan alam benua afrika​

Jawaban:

1. Keadaan Alam

a. Gurun

Gurun dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara yang memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Gurun di wilayah Selatan adalah Gurun Namibia dan Gurun Kalahari.

b. Gunung, Pegunungan dan Plato

• Gunung : Pada umumnya sudah tidak aktif, tetapi masih ada yang aktif. Titik tertinggi di benua Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m dpl).

• Pegunungan : Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan.

• Plato : Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah.

c. Sungai dan Danau

• Sungai : Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km dan menjadi sungai terpanjang di dunia.

• Danau : Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, Danau Zambesi dan Danau Victoria (± 69.484 km²) merupakan danau terbesar di Afrika. Afrika memiliki banyak air terjun, yaitu air terjun Tuguela (Afrika Selatan) tingginya 984 m dan air terjun Victoria (Zimbabwe) tingginya 108 m.

d. Flora dan Fauna

Bagian Utara dan Selatan (subtropis) Afrika terdapat stepa dan sabana, di kawasan gurun terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Afrika terdapat berbagai jenis fauna, terutama mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu addax, zebra, antilop, zarafah, kuda nil, gajah, dan badak. Walaupun terdapat kemiripan fisik fauna sejenis di benua Asia, namun fauna Afrika relatif bertubuh lebih besar daripada fauna yang sejenis di benua Asia.