Warna sayuran=

Posted on

*hijau
*ungu
*merah
*Oren
zat pembentuk?
kandungan?

tolong jangan ngasal secepatnya​

Warna sayuran=

#Warna jingga

Wara jingga pada buah dan sayur memiliki arti kalau buah dan sayur tersebut kaya beta dan alfa karoten. Beta dan alfa karoten dapat menghambat proses penuaan sel-sel tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh, dan memacu sistem kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah terserang penyakit. Beberapa contoh buah dan sayur yang berwarna jingga adalah ubi jalar, wortel, aprikot, mangga, melon jingga, pepaya, jeruk, dan lain-lain.

#Warna merah

Warna merah terbentuk karena adanya antosianin dan likopen. Antosianin adalah zat antioksidan yang mampu mencegah infeksi dan kanker kantung kemih sedangkan likopen adalah sebuah senyawa yang larut dalam minyak dan juga merupakan zat antioksidan yang mampu mengurangi risiko kanker atau penyakit jantung.

Bukan hanya itu, likopen juga akan menghambat kemunduran fungsi fisik dan mental sehingga orang yang mengkonsumsinya tidak mudah pikun. Contoh buah dan sayur berwarna merah adalah semangka, stroberi, tomat, kol merah, bayam merah, selada merah.

#Warna biru atau ungu

Cukup banyak buah dan sayur yang berwarna biru atau ungu. Contohnya adalah bberi hitam dan biru, plum, prem, anggur merah, anggur ungu, terong ungu, kol ungu, dan lain sebagainya. Warna biru atau ungu ini dihasilkan oleh senyawa antosianin yang dapat menghambat terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah sehingga risiko penyakit jantung dan stroke akan berkurang.

#warna hijau

Warna hijau ini terbentuk dari klorofil. Semakin pekat atau gelap warna hijau pada buah dan sayur menandakan kalau kandungan vitamin dan mineral di dalamnya semakin banyak. Buah yang berwarna hijau mengandung banyak asam alegat yang mampu menggempur banyak bibit sel kanker dan membantu menormalkan tekanan darah.

Sedangkan sayuran yang berwarna hijau memiliki banyak kandungan vitamin C dan B kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat sehingga membuat sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Contoh buah dan sayur yang berwarna hijau adalah alpukat, melon, anggur hijau, bayam, sawi hijau, daun singkong, kangkung, daun katuk, daun pepaya, dan selada hijau.