Jelaskan klasifikasi bakteri dengan contoh

Posted on

Jelaskan klasifikasi bakteri dengan contoh

Jawaban:

KLASIFIKASI BAKTERI BESERTA PENJELASAN DAN CONTOHNYA, BERIKUT PENJELASANNYA :

Penjelasan:

Klasifikasi Berdasarkan Bentuk

Jika dilihat dari bentuknya, bakteri dibagi menjadi bakteri coccus, bacilli, dan spiral.

Coccus memiliki bentuk bulat atau bujur telur. Jenis yang satu ini bisa hidup sendiri, tapi bisa juga hidup dalam formasi dengan bakteri sejenis lainnya. Dua coccus yang bergabung disebut diplococci, sementara empat coccus yang membentuk kotak disebut tetrad. Susunan yang umum didapatkan dari jenis ini adalah rantai bakteri yang disebut streptococci.

Klasifikasi Berdasarkan Pewarnaan Gram

Ilmuwan asal Denmark Hans Christian Gram menemukan metode untuk mengklasifikasikan bakteri berdasarkan struktur pada dinding selnya. Ia membagi berdasarkan pemberian zat kimia pewarnaan dan mengelompokkannya menjadi dua jenis, yaitu Gram positif dan Gram negatif.

  • Gram positif mampu mempertahankan pewarna kristal violet yang diujikan. Artinya, jenis ini memiliki lapisan peptidoglikan yang tebal atau berganda. Gram negatif tidak mempertahankan warna violet dan berwarna lebih merah atau merah muda. Jenis ini lebih tahan terhadap antibodi karena memiliki dinding sel yang sulit ditembus. 
  • Gram negatif tidak mempertahankan warna violet dan berwarna lebih merah atau merah muda. Jenis ini lebih tahan terhadap antibodi karena memiliki dinding sel yang sulit ditembus. 

Klasifikasi Berdasarkan Suhu

Jika dibagi berdasarkan kemampuan adaptasinya terhadap suhu, bakteri ada tiga jenis, yaitu thermophile, mesophile, dan psychrophile.

Klasifikasi Berdasarkan Kebutuhan Oksigen

Berdasarkan kebutuhannya akan oksigen, bakteri dibagi menjadi aerobik, anaerobik, anaerobik fakultatif, dan micro-aerophilic