Sejarah vitamin itu gimana sih??

Posted on

Sejarah vitamin itu gimana sih??

Jawaban Terkonfirmasi

Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalammetabolisme setiap organisme,[1] yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian.[2] Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi(ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktordalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.[3]

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B.

Vitamin merupakan suatu senyawa yang telah lama dikenal oleh peradaban manusia. Sudah sejak ribuan tahun lalu, manusia telah mengenal vitamin sebagai salah satu senyawa yang dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, berbagai hal dan penelusuran lebih mendalam mengenai vitamin pun turut diperbaharui.

sejarah Vitamin Juga Dibagi Menjadi Beberapa Era

a.Era Penyembuhan Empiris Dimulai sekitar tahun 1500-1570 sm
b.Era karakterisasi defisiensi Pada Tahun 1890-an 
c.
Era karakterisasi fungsi dan produksi Pada Tahun 1930-an
d.
Era penemuan nilai kesehatan vitamin Dimuai Pada Tahun 1955