Apa hikmah cerita anak gadis penjual susu yang jujur

Posted on

Apa hikmah cerita anak gadis penjual susu yang jujur

Jawaban Terkonfirmasi

Hikmah adalah makna yang terkandung di balik suatu peristiwa. Hikmah disebut juga dengan manfaat. Hikmah berbeda dengan pesan moral. Hikmah adalah manfaat yang diperoleh oleh diri pelaku pada cerita tersebut. Pesan moran adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca cerita tersebut.

Hikmah dari cerita Anak Gadis yang Jujur adalah Allah Swt. akan menyayangi orang yang jujur dan memberikannya kesuksesan di dunia dan akhirat.

Pembahasan

Cerita Anak Gadis yang Jujur terdapat pada buku PAI kelas 4.

Ringkasan dari cerita Anak Gadis yang Jujur adalah

    Pada suatu malam, ketika Khalifah Umar berkeliling, ia mendengarkan percakapan seorang ibu dengan anak gadisnya. Ibunya mengeluh karena kambing mereka hanya mengeluarkan sedikit susu. Anak gadisnya menghibur dengan berkata bahwa ini adalah rejeki mereka dan ibunya tidka perlu kuatir. Tetapi ibunya berpikir untuk menambahkan air agar susunya menjadi lebih banyak. Anak gadisnya berkata lebih baik mereka mengatakan apa adanya kepada pelanggan dan kalau ketahuan, mereka akan dihukum Khalifah Umar.

    Ibunya berkata bahwa tidak mungkin Khalifah Umar tahu. Anak gadisnya berkata, mungkin Khalifah Umar tidak tahu, tetapi Allah Maha Mengetahui segalanya. Khalifah Umar yang mendengarnya kagum dengan perkataan anak gadis tersebut. Ia memerintahkan beberapa orang untuk menjemput dan Khalifah Umar berencana menikahkan putranya dengan anak gadis pemerah susu.

Pelajari lebih lanjut

Ciri-ciri orang jujur pada brainly.co.id/tugas/11925401

Mengapa kita harus memiliki sikap jujur pada brainly.co.id/tugas/31079549

Contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari pada brainly.co.id/tugas/4488983

————————————–

Detail Jawaban

Kelas: IV

Mapel: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Bab: Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (bab 2)

Kode: 4.14.2

#JadiRankingSatu