1. Cermati peristiwa di atas, kemudian berikan tanggapan mu dari beberapa sudut pandang dari sisi agama, sosial, budaya

Posted on

2. sesuai dengan kondisi sekarang, bagaimana cara menghormati orang tua dan guru yang dapat kamu lakukan

1. Cermati peristiwa di atas, kemudian berikan tanggapan mu dari beberapa sudut pandang dari sisi agama, sosial, budaya

1. Cermati peristiwa di atas, kemudian berikan tanggapan mu dari beberapa sudut pandang dari sisi agama, sosial, budaya

Jawaban Terkonfirmasi

Berdasarkan teks tersebut, pendapat saya adalah:

  1. Ibu dan ayah adalah orang yang rela berkorban bagi anak-anaknya. Tanggung jawab orang tua kepada anaknya juga diperintahkan dalam agama.
  2. Cara menghormati orang tua dan guru ialah dengan cara mendengarkan nasihat mereka. Tidak melawan dan membantah perkataan mereka.

Untuk pembahasan masing-masing poin, lihat pada pembahasan!

Pembahasan

Ibu adalah sosok wanita kuat yang sudah mengandung, membesarkan dan mendidik kita hingga besar. Ketika saya menjadi seorang ibu nantinya, saya akan menjadi ibu yang bertanggung jawab dan mengurus anak-anak saya sebaik mungkin. Begitupun ketika kelak saya menjadi seorang ayah. Saya akan menjadi ayah yang bertanggung jawab atas nafkah keluarga dan membimbing keluarga saya selalu untuk di jalan yang benar. Seperti dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw bersabda: "Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu akan ditanya tentang kepemimpinanmu. Orang laki-laki (suami) adalah pemimpin dalam keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Istri adalah pemimin dalam rumah tagga suaminya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya." (HR. Bukhari juz 1, hal. 215).

Cara menghormati orang tua adalah dengan tidak melawan dan membantah mereka apalagi sampai membentak dan berkata kasar. Selalu membantu orang tua dan menjadi pribadi yang baik agar orang tua merasa senang. Perintah berbakti kepada orang tua juga terdapat dalam Q.S Al-Isra’ ayat 23, Allah menerangkan berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban bagi setiap muslim setelah tauhid:

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Begitupun kepada guru yang telah susah payah mendidik dan mengajar kita, kita tidak boleh membantah dan bersikap tidak sopan terhadap mereka.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang cara berbakti kepada orang tua brainly.co.id/tugas/5830096
  2. Materi tentang pahala berbakti kepada orang tua brainly.co.id/tugas/4290477
  3. Materi tentang kewajiban orang tua terhadap anaknya brainly.co.id/tugas/2650304

Detail jawaban

Kelas: X

Mapel: PAI

BAB: 7

Kode: 10.14.7

#AyoBelajar