Gerakan lari tanpa bola untuk mencari posisi yg ideal untuk bertahan….​

Posted on

Gerakan lari tanpa bola untuk mencari posisi yg ideal untuk bertahan….​

Jawaban:

Wall-pass atau operan satu-dua

Wall-pass atau operan satu-dua, memang merupakan gerakan yang sangat sederhana dari dua orang pemain. Pemain A mengoper bola pada B, kemudian lari ke posisi baru. Pemain B tanpa menahan bola mengoper kembali kepada A yang

menerima bola tersebut pada posisi baru. Walaupun sederhana, namun diperlukan latihan yang tekun dan sungguh-sungguh dari pemain. Diperlukan kecerdikan dari pemberi bola pertama untuk mencari “lubang” ke mana dia bisa berlari untuk menerima operan kedua.

2) Lemparan ke dalam

Jika dilakukan secara baik, berencana, dan dilatih dengan sungguh-sungguh, lemparan ke dalam dapat menjadi awal serangan yang berbahaya. Terutama jika lemparan ke dalam terjadi di daerah pertahanan lawan. Untuk memperjelas masalah ini,akan diambil beberapa situasi lemparan ke dalam yang terjadi di daerah lawan, karena dari daerah inilah sangat mungkin melakukan serangan untuk membahayakan gawang lawan.

3) Tendangan penjuru dan tendangan bebas

Keberhasilan tendangan sudut ke kotak penalti bergantung kepada dua hal, yaitu :

1) keterampilan pemain penyerang dalam menyundul bola ke gawang lawan.

2) Kemampuan pihak bertahan untuk menyapu bola-bola tinggi di daerah penaltinya, termasuk kemahiran penjaga gawang dalam memotong dan menangkap bola-bola tinggi di kotak penalti tersebut.

Penjelasan: