Jelaskan akibat perang dunia ke 2 dibidang ekonomi sosial dan politik

Posted on

Jelaskan akibat perang dunia ke 2 dibidang ekonomi sosial dan politik

Bidang Politik
Memunculkan dua kekuatan besar dunia yakni Amerika Serikat dengan ideologi demokrasi liberalnya (liberalisme), dan Uni Soviet dengan ideologi komunisnya.
Terjadi perebutan hegemoni di antara kedua ideologi yang berbeda berakibat munculnya perang dingin (cold war) antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Perang dingin ini sudah berakhir ketika Uni Soviet terpecah pada 1991 menjadi Commonwealth of Independent State (CIS). Pada masa perang dingin ini kedua kekuatan mencoba mempengaruhi negara-negara sepaham untuk membentuk aliansi (persekutuan), seperti North Atlantic Treaty Organization (NATO), yaitu fakta pertahanan Amerika Serikat bersama negara-negara Eropa Barat. Adapun aliansi bentukan Uni Soviet adalah Pakta Warsawa, yaitu pertahanan Uni Soviet bersama negara- negara Eropa Timur,
Balance of Power Policy mengakibatkan munculnya politik aliansi yang berdasarkan atas kemauan bersama (Collective Security) misalnya adanya METO (middle eastern treaty organiszation) dan SEATO (south east asian treaty organization)
Berakhirnya Perang Dunia II membawa dampak jatuhnya imperialis. Jatuhnya imperialisme ini membawa dampak menguatnya semangat nasionalisme di wilayah Asia dan Afrika untuk melepaskan diri dari cengkeraman negara Asing. Hal ini membawa dampak semangat untuk merdeka, Misalnya di Asia, muncul negara-negara baru seperti Indonesia, Filipina, India, Pakistan dan Srilanka. Di Afrika misalnya muncul Mesir dan Aljazair.
Bidang Ekonomi
Setelah Perang Dunia II berakhir, keadaan Eropa sangat kacau dan semakin parah, sehingga Eropa tenggelam dalam kesengsaraan dan penderitaan. Amerika Serikat muncul sebagai kreditor bagi seluruh dunia, terutama Eropa. Amerika Serikat menyadari bahwa Wilayah Eropa yang rusak akan mudah dicengkeram oleh pihak komunis, oleh karena itu harus dibantu. Berkaitan dengan itu ada beberapa lembaga donatur diantaranya
Thruman Doctrin (1947), lembaga ini membantu pertumbuhan ekonomi Yunani dan Turki
Marshall Plan (1947), lembaga ini memberi bantuan ekonomi dan militer untuk membangun kembali ekonomi atas rencana yang terlebih dahulu dibuat oleh negara-negara Eropa dan disetujui oleh Amerika Serikat.
Point Four Thruman, lembaga ini memberikan bantuan kepada negara-negara yang masih terbelakang di Asia dalam bentuk bantuan ekonomi dan militer (Mutual Security Act=MSA)
Bidang Sosial
Reaksi yang muncul dalam bentuk kerja sama bangsa-bangsa di dunia, salah satunya dengan berlatar belakang dari akibat perang mendorong mereka mendirikan United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA) dengan membantu ,asyarakat yang menderita dalam bentuk
Memberi makan orang-orang terlantar
Mengurus pengungsi-pengungsi dan menyatukan anggota keluarga yang terpisah akibat perang
Mendirikan rumah sakit dan balai pengobatan
Mengerjakan kembali tanah-tanah yang rusak

Dampak perang dunia II dibidang politik :

1). Amerika serikat dan Uni soviet muncul sebagai kekuatan raksasa baru dunia
2). Munculnya negara baru dan negara merdeka yang terbebas dari penjajahan
3). Terbentuknya organisasi perdamaian dunia PBB
4). Tumbangnya beberapa imperialis di asia dan afrika

Dampak perang dunia II dibidang ekonomi :

1). Sektor – sektor ekonomi dunia mengalami kerusakan
2). Sarana dan prasarana kehidupan hancur
3). Amerika serikat menjadi negara penyumbang pinjaman

Dampak perang dunia II dibidang sosial :

1) . Perang dunia II menelan korban jutaan jiwa
2). Kemiskinan , kelaparan , dan wabah penyakit tumbuh di mana-mana
3). Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat seiring dengan upaya pertahanan diri