Sebutkan dan jelaskan macam macam karakter 3 dimensi
Kelas
: XI
Pelajaran : TI
Kategori : 3 Dimensi
Kata
Kunci : karakteristik dan komponen dasar pada 3 dimensi
Pembahasaan :
3 Dimensi merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan
tinggi. 3 Dimensi atau juga biasa di sebut 3D, biasanya digunakan dalam pengerjaan
grafis. Grafik
3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan kepada titik koordinat sumbu x (datar), sumbu y
(tegak), dan sumbu z (miring).
Komponen
dasar pada objek 3D pada umumnya mencakup pada vertex, edge, face, dan normal. Karena
semua komponen tadi lah yang membentuk suatu objek tiga dimensi. Selain itu
untuk menentukan posisi atau lokasi suatu objek 3D juga karena adanya kordinat
x, y, dan z.
Proses
pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang menggambarkan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang menggambarkan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang menghasilkan image dari objek tersebut.
3D memiliki berbagai macam
karakteristik dan penjelasan dari komponen dasar pada objeknya sebagai berikut:
1.
Karakteristik 3D
a. Bentuk atau isi pesan yang sama dapat disebarkan
keseluruh siswa secara serentak.
b. Guru mengontrol dalam proses
penyajiannya.
c. Cara penyimpanannya praktis.
d. membantu mengatasi masalah keterbatasan ruang, waktu, dan indera.
e. Objek-objek
secara diam dalam penyajiannya.
f. adakalanya dalam penyajiannya memerlukan
ruangan gelap.
g. Lebih mahal dari kelompok media
grafis.
h. Sesuai untuk mengajarkan
keterampilan tertentu.
i. sesuai untuk belajar secara berkelompok atau individual.
j. Mampu menyajikan teori dan
praktik secara terpadu.
2.
Komponen dasar pada objek 3D
a. Vertex
Vertex adalah titik-titik yang dihubungkan dengan edge,
dan merupakan suatu komponen paling dasar dari objek 3 dimensi. Untuk
memanipulasi posisi vertex dapat dilakukan dengan mengganti nilai kordinat x,
y, dan z pada vertex tersebut
b. Edge
Edge adalah
garis yang menghubungkan lebih dari dua vertex(titik).
c. Face
Face
adalah sebuah permukaan yang dibentuk oleh minimal 3 edges (tris) yang
tertutup.
d. Normal
Normal
digambarkan dengan sebuah vector yang tegaklurus dengan permukaan sebuah face.
Normal ini biasanya akan menentukan sisi mana yang akan dimasukan kedalam
kalkulasi proses render, atau dalam beberapa hal, normal suatu face juga salah
satu elemen penting dalam kalkulasi simulasi dynamic.