Proses terjadinya geyser

Posted on

Proses terjadinya geyser

Proses Terjadinya Geyser. Geyser terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dari dalam perut bumi.
thx;)

Istilah geyser berasal dari bahasa Islandia yang artinya menyembur. Sementara pengertian geyser adalah mata air panas yang menyembur secara berkala. Geyser tidak hanya menyemburkan air panas tetapi juga menyemburkan uap air ke permukaan atau ke lapisan kulit bumi paling luar. Jika hanya  uap air yang keluar maka disebut dengan fumarol. Geyser dapat dikenali dengan mudah. Beberapa karakteristik geyser yaitu :

*)Semburannya mempunyai bentuk seperti kerucut.
*)Selang waktu semburan yaitu berkisar antara 30 menit sampai 2 jam.
*)Suhu air dan uap yang disemburkan lebih dari 60 derajat celcius, bahkan bisa mencapai titik didih air.
*)Uap air yang disemburkan bisa mencapai ketinggian 10 meter.

Proses Terjadinya Geyser

Geyser terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dari dalam perut bumi. Tekanan yang tinggi tersebut mengakibatkan air menyembur ke permukaan bumi. Sebelum membahas proses terjadinya geyser secara lengkap, kita perlu tahu apa saja syarat atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya geyser. Berikut adalah syarat- syaratnya :

Syarat pertama yaitu harus terdapat batuan panas atau hot rock di dalam kerak bumi.Syarat yang kedua adalah terdapat kantung air atau tersedianya sumber air tanah (baca : Konservasi Air Tanah).Syarat ketiga yakni terdapat recervoir di dalam lapisan tanah.Syarat yang keempat adalah terdapat celah- celah yang dapat digunakan sebagai jalan keluarnya air tanah ke permukaan bumi (baca : Ciri Ciri Air Tanah Permukaan).

===SEMOGA TDK BERMANFAAT===