Faktor pendorong dan faktor penarik emigrasi

Posted on

Faktor pendorong dan faktor penarik emigrasi

Jawaban Terkonfirmasi

EMIGRASI

Emigrasi penduduk merupakan pindah keluarnya penduduk ke wilayah lain. Emigrasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu faktor pendorong dan penarik.

_

Beberapa faktor pendorong terjadinya emigrasi penduduk adalah sebagai berikut.

  1. Populasi berlebihan dan kepadatan penduduk yang tinggi. Tak dapat dipungkiri bahwa suatu wilayah dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi dapat menambah banyak penduduk, sehingga menurunkan daya tarik tempat tersebut untuk dijadikan tempat pemukiman. Hal ini dapat mendorong penduduk pindah dari wilayah tersebut.
  2. Kurangnya fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Suatu wilayah dengan fasilitas atau infrastruktur yang tidak memadai akan membuat penduduk di wilayah tersebut sulit memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat mendorong beberapa orang untuk melakukan emigrasi.
  3. Kondisi wilayah/negara yang tidak stabil. Apabila di suatu wilayah sering terjadi konflik, masalah ekonomis, adanya persekusi terhadap kelompok SARA tertentu dll. dapat mendorong penduduknya untuk berpindah ke wilayah lain yang kondisinya lebih stabil.
  4. Perang. Perang yang terjadi di suatu wilayah tentu akan sangat berisiko menghancurkan struktur suatu wilayah. Hal yang akan terjadi selanjutnya adalah wilayah tersebut menjadi tidak stabil dan mendorong penduduk berpindah ke tempat lain yang lebih aman.
  5. Wabah penyakit, kelaparan, dsb. Wabah tersebut dapat berisiko menurunkan angka harapan hidup penduduk di suatu wilayah. Ini juga merupakan salah satu faktor pendorong emigrasi penduduk.

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa faktor penarik dari emigrasi penduduk.

  1. Peluang hidup yang lebih baik di tempat lain. Misalnya: tersedianya lowongan kerja yang lebih tinggi, luasnya kesempatan membuka lapangan usaha, keadaan ekonomi yang stabil, dll. merupakan salah satu faktor penarik dari emigrasi penduduk.
  2. Fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. Hal tersebut dapat menyebabkan terpenuhinya kebutuhan penduduk secara umum di suatu wilayah, sehingga meningkatkan daya tarik wilayah tersebut.
  3. Iklim yang menguntungkan. Beberapa penduduk melakukan emigrasi karena melihat wilayah lain dengan iklim yang dirasa lebih baik. Misalnya: iklim yang hangat dengan kadar sinar matahari yang melimpah dan konstan sepanjang tahun menjadi daya tarik beberapa orang yang tinggal di dekat daerah kutub yang cenderung dingin untuk pindah ke wilayah tropis seperti Indonesia.
  4. Adanya kebebasan politik. Kebanyakan negara-negara di dunia menawarkan kebebasan bagi setiap orang yang ingin tinggal dan menjadi penduduk di negara tertentu.

DETAIL JAWABAN

bold {Mapel::} Geografi

bold {Kelas::} 11

bold {Materi::} Dinamika Penduduk

bold {Kode:Kategorisasi::} 11.8

KATA KUNCI

→  Emigrasi

→  Faktor penarik emigrasi

→  Faktor pendorong emigrasi

#SEJUTAPOHON