Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang perjanjian bongaya di sulawesi​

Posted on

Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang perjanjian bongaya di sulawesi​

Jawaban Terkonfirmasi

Makna dan juga pelajaran yang telah didapatkan dari perjanjian Bongaya di Sulawesi yaitu ialah hendaknya kita memikirkan dengan matang pada seluruh keputusan yang telah diambil buruk dan juga baiknya.

Walaupun kita telah dihadapkan kepada pilihan yang dinilai berat yang di mana tidak dapat menguntungkan kita. Namun, kita juga harus tetap mengambil keputusan yang telah mempunyai risiko yang terkecil.

Pembahasan

Pengertian dari perjanjian Bongaya yaitu ialah sebuah perjanjian perdamaian yang di mana telah ditandatangani pada tanggal 18 November 1667 pada Bungaya di antara kesultanan Gowa yang di mana juga telah diwakili oleh Sultan Hasanuddin.

Selain itu, pihak VOC telah diwakili oleh Laksamana Cornelis Speelman. Di tahun 1666, di bawah pimpinan dari Laksamana Cornelis Speelman, maka dari itu VOC telah berusaha untuk dapat menundukkan seluruh kerajaan yang kecil namun ia masih belum berhasil untuk menundukkan Gowa.

VOC telah menambahkan kekuatan dari para pasukannya tersebut sehingga Gowa telah terdesak dan menjadi semakin melemah sehingga ia telah bersedia untuk mengadakan perjanjian Bongaya.

Perjanjian Bongaya ini sendiri telah disebut pula sebagai perjanjian perdamaian namun sebenarnya isinya berupa deklarasi kekalahan terhadap Gowa dari VOC dan juga pengesahan monopoli yang dilakukan oleh VOC untuk perdagangan dari sejumlah barang dari pelabuhan Makassar.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang isi perjanjian bongaya brainly.co.id/tugas/1767961

2. Materi tentang isi perjanjian bongaya brainly.co.id/tugas/2869838

3. Materi tentang isi perjanjian bongaya brainly.co.id/tugas/2402964

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: B. Indonesia

Bab: Bab 8 – Mendeskripsikan Sesuatu

Kode: 7.1.8

#AyoBelajar #SPJ2