Krama inggil semoga sehat selalu apa ya?

Posted on

Krama inggil semoga sehat selalu apa ya?

Jawaban Terkonfirmasi

Kalimat "semoga sehat selalu" yang ada pada soal diminta untuk merubahnya ke dalam bahasa Jawa krama inggil. Maka dalam bahasa Jawa krama inggil menjadi mugi-mugi dipunsukani kesarasan salajengipun.

Pembahasan

Bahasa merupakan cara yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi. Di negara Indonesia terdapat beragam bahasa Daerah. Bahasa Jawa menjadi salah satunya dan biasa digunakan sebagai alat komunikasi di daerah Jawa. Bahasa Jawa sendiri terdapat tingkatan dalam penggunaannya yaitu bahasa ngoko dan bahasa krama. Bahasa ngoko dan krama masing-masing dibagi menjadi dua. Dibawah ini penjelasannya.

Bahasa ngoko terbagi menjadi 2 macam yaitu bahasa ngoko lugu dan bahasa ngoko alus.

  • Bahasa ngoko lugu adalah bahasa yang dalam penggunaannya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman sebaya atau yang sudah akrab, karena dalam bahasa ngoko lugu semua kata yang ada adalah ngoko tidak tercampur dengan krama.
  • Bahasa ngoko alus adalah bahasa yang masih terdapat bahasa krama di dalamnya.

Bahasa krama juga dibagi menjadi 2 macam yaitu krama lugu dan krama alus (Inggil).

  • Bahasa krama lugu adalah bahasa yang menggunakan kata krama lugu.
  • Bahasa krama alus (Inggil) adalah bahasa yang semua kata didalamnya menggunakan krama inggil. Krama inggil adalah tingkatan paling sopan dalam bahasa Jawa.

Penggunaan tatakrama atau etika dalam berbahasa Jawa saat melakukan komunikasi dengan seseorang, sebaiknya kita memperhatikan siapa lawan yang kita ajak berkomunikasi. Sehingga kita dapat menentukan penggunaan unggah-ungguh basa atau tatakrama yang sesuai saat berbicara. Unggah-ungguh basa dipergunakan saat berkomunikasi untuk menghormati lawan bicara kita.

Pelajari lebih lanjut

============================================================

Detail jawaban

Kelas:

Mapel: Bahasa Daerah

Bab: Unggah ungguh basa

Kode soal: 13

 :

#AyoBelajar #SPJ2