Membuat 10 soal kimia dengan jawabanya

Posted on

Membuat 10 soal kimia dengan jawabanya

1. Sebutkan sifat-sifat dari sinar radioaktif ?Jawab: Sinar-sinar radioaktif mempunyai sifat-sifat:Dapat menembus kertas atau lempengan logam tipis.Dapat mengionkan gas yang disinari.Dapat menghitamkan pelat film.Menyebabkan benda-benda berlapis ZnS dapat berpendar (fluoresensi).Dapat diuraikan oleh medan magnet menjadi tiga berkas sinar, yaitu sinar α, βdan γ.

2.  Jelaskan kegunaan dari karbon monoksida !Jawab: Beberapa kegunaan karbon monoksida:Es kering (dry ice), digunakan sebagai pendingin, seperti pada pembuatan es krim, produk daging, dan makanan beku.Sebagai pemadam api, CO2 akan mencegah api menyebar karena sifatnya yang lebih ringan dibandingkan dengan udara, sehingga akan melingkari api.Untuk membuat minuman berkarbonasi (soft drink), seperti air soda, limun, dan lainnya.Sebagai reagen kimia pada proses pembuatan sodium salisilat, potasium, amonium karbonat dan bikarbonat.Sebagai bahan baku untuk fotosintesis dan menentukan suhu global iklim.Sebagai bahan baku untuk fotosintesis tumbuhan air dan digunakan siput dan sejenisnya untuk membuat cangkang.

3.  Jelaskan cara pembuatan Natrium !

Jawab: Natrium dibuat dengan menggunakan proses Downs, yaitu elektrolisis lelehan NaCl (titik lebur 800 °C) ditambah 58% CaCl2 dan KF untuk menurunkan suhu lebur hingga 505 °C.

4. Berdasarkan lambang atom , tentukan ∑p, ∑e dan ∑n dalam ion Fe3+

    a. 26p, 26e, 30n            d. 30p,26e, 23n    b. 30p. 26e, 26n            e. 26p, 30e, 23n    c. 26p, 23e, 30n
Jawab:c

5.  Jika MgNH4PO4 dilarutkan dalam air maka dalam larutan akan terdapat ion-ion….       a. Mg2+ dan NH4PO42–
       b. MgNH3+ dan PO43–
       c. NH4+ dan MgPO4–
       d. H3PO4+ dan MgN–
       e. Mg2+, NH4+ dan PO43–

Jawab: e

6.  Dua liter gas nitrogen direaksikan dengan gas hidrogen menghasilkan gas amonia sesuai reaksi:       N2(g) + H2(gNH3( ) →g)       Jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama, maka volume gas amonia yang dihasilkan ….
       a. 1 liter                                                           d. 4 liter
       b. 2 liter                                                           e. 6 liter
       c. 3 liter

Jawab: d

7.  Suatu sampel ditetesi larutan NaOH, kemudian larutan tembaga(II) sulfat yang encer menghasilkan warna ungu. Bila sampel dipanaskan dengan HNO3 pekat kemudian dibuat alkalis dengan NaOH terjadi warna jingga. Apakah yang dapat anda simpulkan dari uji di atas?
Jawab : Dari hasil uji di atas dapat di simpulkan bahwa sample mengandung ikatan peptida dan mengandung gugus fenol (cincin benzena).

8.Bila 20 molekul glisin berpolimerisasi membentuk polipeptida. Berapakah massa molekul relatif polipeptida yang terbentuk? Ar H = 1, C = 12, N = 14, O = 16).Jawab :1440 g/mol

9.  Jelaskan teori tentang atom Dalton?Jawab:Teori yang menyatakan bahwa materi terdiri atas partikel-partikel kecil yang tak terbagi

10.  Dengan memperhatikan kestabilan konfigurasi penuh dan setengah penuh tulislah konfigurasi elektron dari unsure tang mempunyai nomor atom 42 dan 47?Jawab:Konfigurasi setengah penuh42MO        = (Kr)5S24d4                  = (Kr)5S24d5Konfigurasi penuh47Ag         = (Kr)5S24d9                        = (Kr)5S24d10